AMBON, Siwalimanews – Sijago merah kembali mengamuk di kawasan Bentas tepatnya di lingkungan RT 002/01, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Kamis (5/5).

Alhasil satu unit rumah dua lantai milik Yan Kakisina (66) yang merupakan pensiunan TNI ludes terbakar. Terbakarnya rumah ini, penyebabnya diduga akibat hubungan pendek arus listrik.

Kasi Humas Polresta Ambon dan Pulau-pulau Lease Ipda Moyo Utomo kepada wartawan, di Mapolresta  Jumat (6/5) menjelaskan, berdasarkan keterangan saksi yang juga penghuni rumah Ice Kakisina, bahwa, kebakaran itu diketahui saat dirinya bersama cucunya sedang tidur di dalam kamar bagian depan lantai dua, kemudian saksi merasakan adanya hawa udara yang panas.

Untuk memastikan asal hawa panas tersebut, saksi kemudian bangun dan keluar kamar dan melihat kepulan asap tebal yang keluar dari salah satu ruang kamar di lantai tersebut.

“Pada saat saksi keluar dari kamar tepatnya di depan pintu kamar, saksi melihat dibagian kamar belakang lantai dua sudah dipenuhi dengan asap pekat dan terdapat kobaran api, kemudian saksi bergegas kembali masuk ke dalam kamar dan langsung membangunkan cucunya, kemudian saksi beserta cucunya berlari menuruni tangga menuju lantai satu rumah tersebut untuk menyelamatkan diri sembari saksi berteriak minta tolong,” jelas Utomo.

Baca Juga: Sempat Buron, Koruptor PNPM Mandiri Aru Ditangkap di Tual

Api yang membesar menarik perhatian warga setempat yang berkumpul untuk mencoba memadamkan kobaran api dengan peralatan seadanya. Namun kondisi api yang terlalu besar dan menyebar dengan cepat membuat warga kewalahan.

“Warga sekitar yang berdatangan memadamkan api tersebut dengan peralatan seadanya, namun kobaran api terus membesar dan membakar seluruh bangunan lantai dua rumah,” bebernya.

Berselang beberapa saat personil Polsek Nusaniwe beserta 5 unit mobil Pemadam kebakaran Kota Ambon tiba di TKP dan langsung bersama-sama warga memadamkan kobaran api.

Kurang lebih 1 jam bergelut dengan api, akhirnya api berhasil dijinakan. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, namun kerugian yang dialami hanya kerugian materil berupa bangunan rumah beserta isinya.

“Belum diketahui penyebab pasti kebakaran, namun diduga kuat kebakaran diakibatkan kosleting arus listrik, hal itu dikerenakan menurut keterangan saksi, di dalam kamar tersebut terdapat tempat colokan listrik yang belum terpasang. (S-10)