AMBON, Siwalimanews – Ribuan personel yang tergabung dalam Operasi Lilin Salawaku siap mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru di Maluku.

Lokasi pengamanan dilakukan selama Operasi Lilin Salawaku berlangsung mulai dari objek vital,  daerah rawan kejahatan, termasuk memonitoring stok, antisipasi lonjakan harga barang dan BBM serta mengoptimalkan fungsi command center.

Kapolda Maluku, Irjen Lotharia Latif yang memimpin jalannya apel Operasi Lilin Salawaku di Lapangan Letkol Tahapary, Kamis (21/12) mengingatkan agar pengamatan dilakukan secara humanis.

“Harapannya pelaksanaan Natal dan Tahun Baru dapat berjalan optimal, aman dan nyaman,” terang Latif.

Kapolda mengaku bersinergi dengan TNI dan unsur terkait guna menciptakan pelaksanaan Natal dan Tahun Baru yang aman dan damai.

Baca Juga: Tiga Ranperda Inisiatif & Usulan Daerah Ditetapkan

“Di tahun sebelumnya pelaksanaan Natal dan Tahun Baru aman dan damai. Itu berarti kita komitmen agar torehan yang sama terwujud di tahun ini,” jelasnya.

Dikatakannya untuk Maluku sedikitnya ada 2.223 personil gabungan yang disiapkan untuk pengamanan.

Ribuan personel ini akan menempati 60 pos pengamanan. 20 pos pelayanan dan 6 pos terpadu, pengamanan gereja untuk ibadah Natal serta pengamanan Tahun Baru.

Ia juga menghimbau masyarakat agar dapat  merayakan Natal dengan hal hal positif agar kamtibmas aman dan tertib.

Di tempat yang sama, Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Syafrial, mengatakan siap bersinergi dengan Polda Maluku untuk mengamankan Natal dan Tahun Baru di Maluku.

Saya telah menginstruksikan jajaran agar serius dalam melakukan pengamanan. Anggota harus benar-benar serius. Kami ingin perayaan Natal berjalan hikmat. Ibadah juga aman dan damai begitupun Tahun Baru,” ujarnya.

                      Ikut Amankan Natal

Sementara itu polres jajaran dibawa Polda Maluku juga ikut mengamankan wilayah hukum masing-masing.

Untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru, di Maluku Tengah, Polres mengerahkan 350 personel gabungan.

Kapolres Malteng AKBP Dax Emmanuelle mengaku operasi gabungan itu terdiri dari personil TNI-Polri, Dinas Perhubungan, Satpol PP, BPBD, Dinas Kesehatan serta Kesbangpol.

“Ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel pengamanan Natal dan tahun baru berjalan optimal,” tegasnya dalam sambutan saat apel gelar pasukan yang berlangsung di Mapolres, Kamis (21/12).

Natal Yang Damai

Sementara itu di tempat terpisah, Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena mengingatkan kepada semua pihak termasuk masyarakat untuk menciptakan perayaan Natal dan Tahun Baru yang aman dan damai.

Hal itu disampaikan oleh Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena usai mengikuti gelar apel Operasi Lilin Salawaku di Lapangan Merdeka Ambon, Kamis (12/21)

Menurutnya selain peran TNI-Polri maupun pemerintah, tetapi  peran dan dukungan masyarakat sangat penting.

“Masyarakatlah yang berperan dalam menjaga keamanan di tempatnya masing-masing,” harapnya.(S-10/ S-17/ Mg-3)