AMBON, Siwalimanews – Polda Maluku resmi menggelar Operasi Keselamatan Lalu Lintas Salawaku tahun 2024, melalui apel gelar pasukan yang berlangsung di Lapangan Letkol Pol Chr Tahapary, Kota Ambon, Sabtu (2/3).

Operasi Keselamatan ditandai dengan penyematan pita operasi oleh Wakapolda Maluku Brigjen Stephen M. Napiun, kepada perwakilan personel POM TNIAD, Polisi Llau Lintas, Jasa Raharja, Dinas Perhubungan, dan perwakilan Siswa SMA di Kota Ambon.

Wakapolda dalam amanatnya mengungkapkan, apel gelar pasukan operasi keselamatan lalu lintas dilaksanakan dalam rangka cipta kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas) menjelang Idul Fitri 1445 Hijriyah tahun 2024.

“Operasi ini akan dilaksanakan selama 14 hari sejak tanggal 4 – 17 Maret 2024. Operasi tersebut  dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia dengan tema keselamatan berlalu lintas guna terwujudnya Indonesia maju,” ucap Wakapolda.

Wakapolda mengatakan, permasalahan di bidang lalu lintas dewasa ini telah berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. Hal ini sebagai konsekuensi meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Baca Juga: Dishut Tuntut Jatah Besar Dana Bagi Hasil

Permasalahan-permasalahan tersebut dibutuhkan peran serta seluruh pengguna jalan, agar mampu meningkatkan kampanye kamseltibcarlantas.

“Selain itu, juga diperlukan koordinasi bersama antara instansi pemerintah lainnya yang selama ini dirasakan masih perlu ditingkatkan,” ujar Wakapolda.

Operasi Keselamatan Lalu Lintas Salawaku 2024 kata Wakapolda, bertujuan untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, menurunkan angka fasilitas korban kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas.

Operasi ini sasarannya meliputi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan, dan gangguan nyata yang berpotensi menyebabkan kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, baik sebelum, pada saat, dan pasca operasi keselamatan 2024.

“Operasi keselamatan Salawaku 2024 adalah merupakan jenis operasi harkamtibmas bidang lalu lintas yang mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif guna meningkatkan simpati masyarakat terhadap lalulintas,” tandas Wakapolda.

Polres Malteng

Apel pasukan yang sama juga dilakukan oleh Polres Malteng yang dipimpin Kapolres Malteng AKBP Hardi MK di Mapolres,Sabtu (2/3). Dimulainya operasi ini ditandai dengan penyematan pita operasi oleh Kapolres kepada sejumlah anggota sebagai perwakilan.(S-10/S-17)