AMBON, Siwalimanews – Puluhan personil gabungan TNI dan Polri dikerahkan untuk mengamankan jalannya ritual mandi safar yang berlangsung di lima lokasi di Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah.

Kegitan yang melibatkan ribuan masyarakat ini, merupakan tradisi setiap hari Rabu terakhir di Bulan Safar/tahun hijriah dalam kalender Islam yang dilaksanakan oleh lima negeri  di Kecamatan Leihitu, yakni Negeri Morella , Mamala , Hitumessing, Hitulama dan Wakal.

“Ini merupakan tradisi lima tahunan yang melibatkan banyak warga, sehingga untuk mengawal kegiatan ini lancar, puluhan personel gabungan TNI Polri di kerahkan,” jelas Kasi Humas Polresta Ambon, Ipda Jane Luhukay kepada wartawan di Mapolresta, Kamis (14/9).

lima lokasi yang merupakan tempat kegiatan kata Ipda Jane masing-masing, pantai Hitilatu Negeri Mamala, yang melibatkan kurang lebih 600 orang dalam melaksanakan tradisi tersebut.

Selanjutnya di Pantai Moki Negeri Morela dikuti 800 warga, Pantai Tanjung Tetulain Negeri Hitumessing yang melibatkan kurang lebih 1000 orang, selanjutnya di Pantai Pelabuhan Negeri Hitu yang melibatkan 2000 orang dan Pantai Pasir Putih Negeri Wakal kurang lebih 1500 orang.

Baca Juga: Bidhumas Polda Maluku Supervisi ke Polres SBT

“Pengamanan yang dilakukan dipimpin oleh Kasat Samapta Polresta Ambon AKP La Maru, kegiatan juga terselenggara dengan aman dan kondusif,” pungkas Ipda Jane.(S-10)