TIAKUR, Siwalimanews – Pemerintah dibawa kepemimpinan benyamin thomas noach dan agustinus kilikily lewat sejumlah program pembangunan berhasil menurunkan jumlah penduduk miskin.

Data statistik  kabupaten men­catat persentase penduduk miskin Kabupaten Maluku Barat Daya di tahun 2021 sebesar 29,55% turun menjadi 27,64% di tahun 2022.

Tidak hanya itu angka prevalensi stunting dari 29,6% pada tahun 2021 menjadi 25,7% di tahun 2022. Pe­merintah juga berhasil memperbaiki pertumbuhan ekonomi dari 2,63 % di tahun 2021 naik menjadi 5,01% di tahun 2022.

Hal ini dikatakan Bupati Noach saat peringatan HUT MBD ke 15 yang dipusatkan di Lapangan Kalwedo, Kota Tiakur Jumat (21/7).

Dengan keberhasilan yang diraih saat ini pemerintah pusat juga memberikan penghargaan Manggala Karya Kencana dari BKKBN sebagai bentuk apresiasi.

Baca Juga: PEPPMAS Demo Desak Wakil Ketua DPRD SBT Dicopot

“Kami juga berhasil memberikan perlindungan bagi tenaga kerja berupa asuransi bagi 7.986 pekerja dan empat tahun berturut-turut berhasil meraih opini WTP,” ujar bupati dalam sambutannya.

Pemkab juga menerima penghar­gaan Universal Health Coverage (UHC) Award 2023 sebagai wujud komitmen dalam mendukung program jaminan kesehatan nasional bagi masyarakat Indonesia.

“Secara umum, indikator kinerja utama yang merupakan ukuran keberhasilan dari suatu tujuan dan sasaran strategis operasional di Kabupaten MBD dapat dicapai sebesar 96,21% pada tahun 2022 dengan predikat kinerja sangat tinggi,” ucapnya.

Untuk itu, ia berharap kolaborasi yang saat ini terjadi antara peme­rintah dengan umat beragama, tokoh masyarakat, kepala desa, LSM dan semua pihak dapat terus dilakukan untuk pembangunan MBD.

“Mari lewat kesempatan ini kita bergandengan tangan, satukan hati melangkah dengan bangun MBD. Kita butuh kerja keras, kita butuh gerakan yang pasti, dan kita harus terus berlari. Jangan pernah ber­henti, jangan pernah beristirahat,” harap bupati.

Ditambahkannya, atas segala yang telah ditorehkan bersama hingga di usia ke-15 menjadi alasan peringatan HUT di saat ini memilih tema “Terus Berlari Untuk MBD Maju”.

Di usia 15 tahun, ia juga mengajak semua yang hadir untuk merenung kembali, apa yang sudah lakukan dan sudah berada dimana.

“Jangan pernah berpuas diri dan merasa lebih hebat,” tegas.

Hadiri pada saat itu Wakil Bupati Agustinus Kilikily, fokopimda, pimpinan OPD, Ketua Sinode GPM, Elivas Maspaitella, serta ratusan warga Kota Tiakur. (Mg-2)