AMBON, Siwalimanews – Pemerintah setuju memperpanjang masa kerja bagi 1.600 tenaga kontrak yang selama ini mengabdi di lingkup Pemerintah Kota Ambon.

Perpanjangan SK bagi ribuan tenaga kontrak ini diserahkan oleh Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena saat apel bersama yang berlangsung di Pattimura Park, Senin (15/1).

Menurutnya perpanjangan kontrak dilakukan pemerintah agar pegawai myang mengabdikan men­dapatkan kesempatan pengang­katan melalui tes CPNS atau melalui tes PPPK.

“Kepada seluruh pegawai agar tetap dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab. Pahami hak serta kewajiban sehingga tidak terjadi hal-hal yang dapat merugikan semua pihak termasuk diri sendiri,” ingat­nya.

Untuk menjadi seorang ASN atau PPPK maka harus mengikuti tes masuk. Tes PNS diperuntukan bagi pegawai yang usianya di bawa 35 tahun dan telah memenuhi syarat.

Baca Juga: Pengelolaan Keuangan tak Wajar, Silahkan Jaksa Turun Tangan  

Lanjutnya masuk sebagai pega­wai PPPK diangkat khusus untuk tenaga pendidikan, kesehatan dan tenaga teknis.

“Untuk teman-teman pegawai kontrak yang tadi baru diserahkan SK-nya kita mengikat saudara sampai akhir Desember 2024. Keputusan selanjutnya kami tetap menunggu kebijakan Pemerintah Pusat,” jelasnya.

Selanjutnya, kata walikota kewaji­ban para pemimpin OPD dapat melakukan pengawasan kinerja setiap pegawai saat ini mengabdi pada unit kerja masing-masing.

“Saya harap semua lakukan tugas tanggung jawab dengan baik diawali langsung oleh masing-masing pimpinan OPD atau atasan dimana saudara bekerja,” tandasnya.

Di akhir sambutan ia menyam­paikan bahwa seluruh daerah telah diminta untuk melakukan penataan pegawai non ASN. Bahkan ada daerah yang tidak lagi memiliki pegawai non ASN.

Kendati begitu, pemkot Ambon te­tap berupaya mempertahankan pe­gawai kontrak dengan adanya SK tersebut.

“Pemerintah Kota Ambon tetap mempertahankan pegawai kontrak untuk terus mengabdi bagi peme­rintah,” ucapnya.

Untuk itu, jika ingin tidak lagi terlibat sebagai pegawai honor atau kontrak, maka bisa mengikuti seleksi CPNS maupun seleksi PPPK.

“Kita berdoa semoga ditahun ini ada formasi yang banyak sehingga teman-teman honor dan kontrak ini bisa ikuti tes dan bisa lulus,” ujarnya.(S-29)