AMBON, Siwalimanews – Dalam rangka mendorong proses penetapan raja definitif di 9 negeri yang masih dipimpin penjabat sementara, maka direncanakan dalam pekan ini sejumlah saniri negeri bakal dilantik.

Bahkan untuk mematangkan rencana itu, Komisi I DPRD Kota Ambon mengagendakan pertemuan pembahasan dan komunikasi dengan Pemerintah Kota Ambon, dalam hal ini Bagian Pemerintahan. Pasalnya, pelantikan Saniri Negeri oleh Penjabat Walikota Ambon nantinya, sebagai pintu masuk untuk proses penetapan Raja definitif.

Ketua Komisi I DPRD Kota Ambon, Jafri Taihuttu kepada Siwalimanews di Baileo Rakyat Belakang Soya, Selasa (21/6) membenarkan, kalau rencana pelantikan Saniri Negeri urimessing akan digelar dalam pekan ini.

“Jumat (24/6) nanti, Saniri Urimessing akan dilantik. Itu sesuai hasil koordinasi antara komisi dengan bagian pemerintahan Kota Ambon. Selain Urimessing, dibeberapa negeri lain juga akan dilakukan pelantikan pergantian antar waktu (PAW) saniri negeri, yakni di Negeri Batu Merah, Passo, dan Laha,” jelas Taihuttu.

Menurutnya, jika proses ini berjalan sesuai rencana, maka sebetulnya ini merupakan pintu masuk dalam memberikan kontribusi bagi proses penyelesaian pemilihan raja definitif untuk 9 negeri di Kota Ambon.

Baca Juga: Walikota Akui Belum ada Warga Mengungsi

“Hingga kini, masih ada beberapa Negeri yang belum memiliki raja definitif, seperti Naku, itu sudah puluhan tahun. Hative Besar dan Urimessing juga masih dipimpin penjabat sementara, karena itu, kami berharap dan dorong terus Pemkot Ambon agar selesai proses pelantikan saniri ini, selanjutnya proses penetapan raja definitif,” tandasnya.

Apalagi, tambahnya, ada waktu yang ditargetkan untuk semua hal menyangkut raja ini, tuntas sebelum memasuki tahun 2023. (Mg-1)