SETELAH Gunung Kerbau, Pantai Welora, Pantai Ilmarang di Kabupaten MBD yang meraih juara pada kategori dataran tinggi terpopuler dan destinasi wisata baru pada ajang Anugerah Pesona Indonesia, kini giliran pantai Syota di Pulau Moa, kembali meraih juara pertama, setelah masuk nominasi API Award 2022 pada kategori Destinasi Wisata Baru.

Kepala Dinas Pariwisata Kabu­paten MBD,Simon Leha yang menghadiri seremonial API Award 2022 di Aceh mewakili Pemerintah Daerah menjelaskan, Pantai Syota kembali mengharumkan nama Maluku dan Maluku Barat Daya setelah menjuarai API Award Tahun 2022 Kategori Destinasi Wisata Baru ini.

“Kita bersyukur bagi nama Tuhan, karena MBD kembali meraih prestasi yang luar biasa. Empat tahun berturut-turut, MBD masuk dalam nominasi dan meraih juara”, ungkapnya.

Mon Leha menjelaskan, sesuai dengan perolehan suara per bulan Oktober lalu, Pantai Syota unggul 34,82 % dan bersaing ketat dengan Desa Pasir Panjang Kota Waringin Barat 17,32 % dan Ayek Pacar Kabupaten Lahat 15,27 %.

“Prestasi ini adalah prestasi semua masyarakat MBD, karena dukungan yang sangat luar biasa mengantarkan Pantai Syota sebagai Juara I tahun ini”, jelasnya.

Baca Juga: Bamus Agendakan Pelantikan Ketua DPRD Baru

Lebih lanjut Leha mengatakan, pihaknya akan segera menyiapkan langkah strategis untuk Ajang API Award Tahun 2023 mendatang yang rencana akan mengusulkan dua kategori yakni Pantai Metimarang Kategori Surga Tersembunyi dan Pantai Kiasar Kategori Destinasi Wisata Baru. Apalagi Kota Ambon dan Provinsi Maluku akan menjadi tuan rumah kegiatan ini pada tahun 2023 mendatang.

Ia berharap, kemenangan Pantai Syota tahun ini memberi semangat dan inspirasi bagi semua pihak terutama pemerintah desa dan stakeholder lainnya sehingga potensi pariwisata MBD makin terus berkembang.

“Semoga kemenangan ini menjadi inspirasi bagi kita bersama. Memacu semangat kita untuk berkreasi dan berinovasi mengembangkan desa-desa kita yang banyak memiliki potensi wisata yang sangat luar biasa,” harapnya.

Sementara itu, Bupati MBD, Benyamin Th. Noach, dalam kete­rangannya, memberikan apresia­sinya kepada masyarakat MBD yang turut berperan aktif dalam mempromosikan dan memberikan dukungan memilih pantai Syota sebagai Destinasi Wisata Baru API Awards tahun 2022.

“Ini menunjukan bahwa masya­rakat Maluku Barat Daya sangat peduli dengan anugerah Tuhan berupa alam yang indah yang diberikan kepada bumi Kalwedo. Sebagai Bupati saya memberikan apresiasi kepada masyarakat MBD,” ujar Bupati Noach.

Bupati menambahkan, Ka­bupaten MBD banyak sekali memiliki potensi wisata, baik wisata laut, pantai maupun produk penunjangnya. Olehnya itu sebagai putera MBD, dirinya berkeinginan untuk terus me­ngembangkan potensi pariwisata di Kabupaten yang bertajuk Kalwedo tersebut.(S-08)