AMBON, Siwalimanews –  Karena perjuangan Pemerintah Negeri bersama dengan masyarakat akhirnya Negeri Nuruwe, Kecama­tan Kairatu Barat, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) bisa memiliki Sekolah Menengah Pertama (SMP)

“Selama ini Negeri Nuruwe hanya memiliki sekolah dasar saja, dan karena ini juga merupakan sebuah kebutuhan pendidikan khususnya, sehingga anak-anak kita fokus sekolah saja di negeri dan tidak ke negeri tetangga,” jelas Kepala Pe­merintah Negeri Nurue, Simon Matital

Kebutuhan agar bisa memiliki sekolah SMP akhirnya terpenuhi yang saat ini pembangunan sekolah tersebut sementara dibangun diatas lahan 2 hektar lebih.

Matital kepada Siwalima di Ne­geri Nuruwe mengatakan, pemba­ngunan SMP ini merupakan swadaya masyarakat dan dibantu juga APBD Kabupaten SBB.

“Kita bangun sekolah SMP ini 3 ruangan, ruangan guru dan toilet. Pembangunan sekolah ini merupa­kan swadaya masyarakat dan juga dibantu dari APBD kabupaten. Ini dibangun diatas lahan 2 hektar,” ujarnya

Dikatakan, pihaknya berupaya agar dalam bulan Agustus ini sekolah ini bisa selesai dikerjakan sehingga proses belajar mengajar bisa berjalan.

“Kita upayakan dalam bulan Agustus sudah bisa selesai dikerjakan sehingga proses belajar mengajar bisa berjalan,” harapnya.

Watital menambahkan, masalah pendidikan harus menjadi prioritas utama karena ini juga menyangkut dengan sumber daya manusia (SDM) sehingga kebutuhan agar Negeri Nuruwe bisa memiliki sekolah SMP bisa diwujudkan saat ini.(S-05)