AMBON, Siwalimanews – Sejumlah OKP memberikan apresiasi terhadap Polda Maluku yang sukses melakukan pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Maluku. Keberhasilan tersebut diharapkan menjadi patokan untuk pengamanan Pemilu nanti di tahun 2024.

Apresiasi datang dari Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Wilayah Maluku. GMKI menilai Polda Maluku telah berhasil melakukan pengamanan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, sehingga berjalan lancar, aman, dan damai.

GMKI memahami betapa kompleksnya tugas Polda Maluku. Tanggung jawab Polda Maluku tidak hanya mencakup penegakan hukum, tetapi juga pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat. Polda Maluku juga sebagai pelindung, pelayan, dan pengayom masyarakat.

“Kami mengapresiasi dedikasi dan upaya Polda Maluku yang dipimpin Kapolda Irjen Lotharia Latif yang konsisten melaksanakan pengamanan dan menjalankan tugas yang efektif dan sesuai dengan rencana,” ucap Koordinator GMKI Wilayah XI Maluku Donatus Jamlean kepada Siwalimanews di Ambon, Senin (8/1).

Di sisi lain kata Jamlean, GMKI juga mendorong Polda Maluku agar tetap konsisten khususnya dalam menciptakan keamanan dan kedamaian menghadapi Pemilu 2024 nanti.

Baca Juga: Benahi Aset, Komite IV DPD RI Kunjungi Pemkot

“GMKI akan menjadi mitra kerjasama untuk mewujudkan Pemilu berintegritas di Maluku,” ujarnya.

Senada dengan GMKI, Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia Maluku-Maluku Utara juga memberikan apresiasi terhadap torehan positif Polda yang berhasil mengamankan Nataru.

Hal tersebut disampaikan Komda PMKRI Maluku Malut Fredy Siswanto Jamrewav yang mengaku kesuksesan dalam mengamankan perayaan Nataru di Maluku, tidak terlepas dari arahan Kapolda Maluku Irjen Lorharia Latif saat apel gelar pasukan Operasi Lilin Salawaku pada 21 Desember 2023 lalu.

“Pada momen ini, Bapak Kapolda bersama Bapak Pangdam mengerahkan 2.223 personel untuk mengamankan momen Natal 2023 dan Tahun Baru 2024,” ucapnya.

Ia mengaku, pengamanan yang dilakukan personel TNI Polri secara profesional telah menciptakan situasi malam Natal yang penting bagi umat Kristen dan betul-betul terasa damai sukacita. Begitu pun pada momen malam Tahun Baru 2024 yang berjalan tanpa ada konflik apapun.

“Bapak Kapolda bukan hanya memberikan instruksi untuk pengamanan, tapi bisa dilihat langsung pada momen Natal dan Tahun Baru, beliau turun melakukan patroli dengan personel memeriksa keadaan. Inilah figur yang diharapkan masyarakat, bahwa Polri turun langsung berinteraksi dengan masyarakat, Kami juga berharap kinerja Polda Maluku seperti ini bisa terus dipertahankan, bahkan ditingkatkan kedepannya,” pintanya.(S-10)