AMBON, Siwalimanews – Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) kembali diguncang gempa dengan kekuatan 4,1 skala richter (SR) terjadi pada Senin (27/3) sekitar pukul 08.07 WIT.

Gempa dengan kekuatan 4,1 SR tersebut berada di kedalaman 10 km terletak di 7,19 derajat lintang Selatan dan 127,98 derajat bujur Timur atau 34 km Timur laut MBD.

Sementara, sebelumnya Bumi Kalwedo juga diguncang gempa dengan kekuatan 4,4 SR terjadi pada Selasa 14 Maret pukul 07.05 WIT. Gempa 4,4 SR tersebut berada di 7.63 lintang Selatan dan 127.93 bujur Timur atau  59 KM arah Timur laut MBD.

Kepala Pelaksanan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) MBD James R. Likko ketika dikonfirmasi Siwalima kemarin, membenarkan terjadi gempa 4,1 SR.

“Gempa memang pagi hari dan memang tidak terasa sampai ke Pulau Moa dan sekitarnya,” terang James.

Baca Juga: ISPIKANI Menyayangkan Pembangunan Ruko Rumahtiga Tanpa Ijin

Pasca gempa BPBD menu­rut­nya langsung melakukan koor­dinasi dengan para camat dan kepala desa untuk memastikan terjadi kerusakan atau tidak.

“Hasil koordinasinya memang tidak ada kesusahkan akibat gempa itu,” katanya.

Untuk itu pihaknya tetap menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap waspada ketika sewaktu-waktu terjadi gempa kembali. “Himbauan selalu kita berikan, karena tidak bisa diprediksi kapan terjadi namun warga tetap harus waspada,” tandasnya. (S-09)