TIAKUR, Siwalimanews – Maluku Barat Daya bakal memiliki Bank Darah yang akan ditempatkan dalam rumah sakit umum daerah (RSUD) Tiakur.

Kehadiran bank darah sendiri memiliki banyak manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan.

Salah satu tujuan keberadaan Bank Darah yakni menyediakan pemantauan real-time terhadap stok darah, termasuk jumlah, tanggal kedaluwarsa, dan jenis golongan darah.

Penjabat Kepala Dinas Kesehatan MBD Marthen Rahakbauw ada sejumlah program yang akan dilakukan salah satunya membangun Unit Transmisi Darah di rumah sakit.

“Bank Darah rumah sakit dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang terkait dengan kebutuhan darah untuk bisa menangani pasien yang membutuhkan darah,” terangnya kepada Siwalima di ruang kerjanya, Kamis (1/2).

Baca Juga: Wabup: Pemilihan Presiden dan Wapres Harus Sukses

Ia mengaku selain pembangunan Bank Darah, pihaknya juga akan menambah pembangkil listrik di sejumlah puskesmas dengan menggunakan Solar Sel.

Dirinya berharap dengan adanya Solar Sel ini, semua pekerjaan bisa berjalan.

“Selama ini kan listrik macet-macet sehingga mengganggu pelaporan dari puskesmas. Sekarang kan sistem online. Jadi kalau ada solar sel ini otomatis pelaporan dari puskesmas sudah bisa lancar untuk pengiri­man ke kabupaten, provinsi maupun pusat,” urainya. (S-28)