AMBON, Siwalimanews – Mantan Raja Negeri Soya Jhon Lodwyk Rehatta dilaporkan ke Polda Maluku, oleh Reno Rehatta, Selasa (5/3) kemarin.

Reno kepada Wartawan di Ambon, Rabu (6/3) menjelaskan, langkah ini diambil lantaran John diduga sengaja membuat dokumen palsu dan menghilangkan asal asulnya (Reno Rehatta-red) sebagai mata rumah yang memiliki garis keturunan lurus raja di Negeri Soya.

“Asal usul adalah hak asasi dan melekat pada tiap orang, sehingga terdapat ganjaran pidana jika ada pihak yang  terbukti menghilangkan itu,” ujarnya.

Menurutnya,  secara patrilineal dirinya merupakan keturunan dari garis keturunan laki-laki atau turunan asli mata rumah Rehatta yang berhak menjadi Raja di Negeri Soya.

“Tapi dalam proses penetapan bakal calon raja lewat mata rumah parentah di Negeri Soya pada tahun 2024, Johnny diduga sengaja menghilangkan asal usul saya demi memuluskan rencana mereka untuk hanya meloloskan anaknya sebagai bakal calon Raja Negeri Soya dan mengabaikan hak saya sebagai anak adat asli turunan parenta di Negeri Soya,” ujarnya.

Baca Juga: Terbukti Korupsi, Operator Dana BOS Malteng Divonis Ringan

Ia mengaku, telah menerima sebuah dokumen berupa slak bom yamg diduga palsu itu, yang digunakan oleh mantan Raja Soya sebagai dokumen pendukung dalam proses pencalonan anaknya sebagai raja.

Didalam dokumen itu dituturkan bahwa, dirinya (Reno Rehatta), berada diluar garis keturunan mata rumah parentah.

“Ini tidak benar sama sekali. Mereka membuat dan menggunakan surat atau keterangan dalam bentuk slak bom atau silsilah keluarga yang tidak benar dengan menyatakan bahwa saya bukan keturunan lurus mata rumah. Ini merugikan saya, sehingga persoalan ini dilaporkan,”jelasnya.

Terkait dengan itu, Reno bahkan menyebut, John sebagai mantan Raja Soya itulah yang bukan merupakan keturunan atau mata rumah Rehatta.

Menurutnya, John adalah cucu dari Semuel J Rehatta, keturunan eropa yang tinggal dan dipelihara oleh Leonard L Rehatta (eks Raja Soya) kala itu.

Dimana Leonard L Rehatta tidak pernah menikah dan tidak memiliki keturunan (anak), demikian juga saudaranya Anna Rehatta. Sehingga setelah Anna Rehatta dan Leonard L Rehatta meninggal, maka Semuel L Rehatta (kakek John) menjalankan tugas-tugas pemerintahan tanpa dipilih atau diangkat sebagai Raja Soya sampai dia menikah dan memperanakan Rene Rehatta ayah dari John mantan Raja Soya itu.

“Tapi dalam slak bom yang mereka buat, justru menuturkan jauh berbeda. Bahwa kakek John adalah anak dari Anna Rehatta, saudara perempuan dari Raja Leonard L Rehatta. Sementara dua kakak adik ini tidak pernah menikah. Johnny itu justru seorang eropa yang lahir dari lbu bernama Weijss Freida pada tanggal 9 juni 1949 dan tercatat dalam dokumen pendaftaran warga eropa Amboina. Weijss Freida kemudian menikah dengan Renne Adolf Rehatta pada 27 Mei 1950,” beber Reno.

Intinya jelas Reno, mantan Raja Soya yang baru selesai masa jabatannya pada November 2023 lalu, adalah bukan berasal dari keturunan mata rumah parentah di Negeri Soya.(S-25)