AMBON, Siwalimanews – Guna mengembangkan potensi para pelatih paduan suara dan pencipta lagu, Lembaga Pengembang Pesparawi Daerah (LPPD) menggelar pelatihan.

Pelatihan yang dipusatkan di salah satu resort di Kota Ambon sejak, Senin (11/12) hingga Rabu (13/12) dengan menghadirkan peserta dari 11 kabupaten kota di Maluku.

Ketua LPPD Maluku, Polly Kastanya kepada wartawan usai tutup kegiatan Pelatihan Rabu (13/12) malam, menjelaskan Pesparawi merupakan salah satu ajang unggulan bagi Maluku.

“Guna mempertahankan dan meningkatkan potensi tersebut diperlukan kualitas pelatih yang mumpuni,” ujar Kastanya.

Kegiatan ini juga lanjutnya dicetus lewat hasil MPPD. Potensi yang luar biasa dimiliki pelatih maupun pencipta lagu.

Baca Juga: Pemilik Lahan Terima Ganti Untung

Potensi-potensi tersebut kita asah dan tingkatkan lagi lewat kegiatan ini,” jelasnya.

Selain penyanyi, menuruntya di Maluku merupakan gudang pelatih pelatih terbaik bahkan potensinya dipakai oleh provinsi lain.

Untuk itu dalam pelatihan kali ini LPPD Maluku menggunakan tenaga pelatih atau narasumber dari IAKN yang secara kualifikasi sudah teruji baik.

Ia mengaku sebelum-sebelum­nya, LPPD selalu menggunakan pelatah dari luar. Padahal kalau di lihat sumber daya di IAKN itu banyak. “Jadi kenapa kita harus pakai dari luar, kalau kita punya potensi di dalam, rugi kan. Apalagi dari segi cost juga lebih terjangkau,” katanya.

Mantan Kadis Sosial Maluku berharap ilmu yang diperoleh dari pelatihan tersebut dapat kembali dikembangkan di masing masing kabupaten/Kota sehingga menghasilkan kelompok paduan suara atau penyanyi yang berkualitas yang dapat mengharumkan nama Maluku di kancah nasional. (S-10)