AMBON, Siwalimanews – Wakil Ketua DPRD Kota Ambon, Rustam Latupono menegaskan, siapapun yang nantinya ditentukan Mendagri RI untuk menjadi Penjabat Walikota Ambon periode 2023-2024 nanti, yang pertama harus dilakukan, adalah penataan birokrasi di tubuh Pemerintah Kota Ambon.

Kepada Siwalima, di Ambon, kemarin, Latupono mengatakan, penataan birokrasi menjadu hal penting yang harus dilakukan awal sebelum melakukan kerja-kerja lainnya.

“Penataan birokrasi itu yang paling penting, karena bagaimana orang mau melayani pelayanan publik kalau birokrasinya tidak kualifife. Salah satunya, Keuangan Pemkot itu harus betul-betul dibenahi. Makanya dari 11 kebijakan Penjabat Walikota itu, harusnya yang paling utama soal penataan birokrasi itu yang paling penting,” ujar Politisi Partai Gerindra ini.

Menurutnya, selama ini tidak ada rotasi dan mutasi di tubuh Pemerintah Kota Ambon.

Disinggung soal kendala rotasi birokrasi terletak pada Kemendagri, Latupono mengatakan, segera dilakukan koordinasi.

Baca Juga: 87 CPNS dan PPPK Terima SK 100 Persen

“Kalau menunggu ya sampai kapanpun tidak keluar-keluar.l, tapi kalau koordinasinya cepat, pasti keluar ijin Kemendagri itu,”tandasnya.

Ditambahkan, momen politik 2024, harus benar-benar dijaga, harus netral,  Penjabat yang baru harus dapat memenets dengan baik, kemudian pelayanan publik yang kurang baik juga harus diselesaikan, itu yang paling penting. “Jaga stabilitas politik di 2024 nanti karena semua orang punya kepentingan untuk suksesi itu. Ini pesan bagi siapapun dia yang jadi Penjabat nantinya,”harapnya. (S-25)