AMBON, Siwalimanews – Asisten Staf Potensi Maritim (Aspotmar) Danlantamal IX Kolonel Marinir Daniel Kreuta melaksanakan video confrence dengan Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono.

Dinas Penerangan Lantamal IX Ambon dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Kamis (6/8) mengatakan, Vicon panen raya yang mengusung tema Ketahanan Pangan Kuat Masyarakat Sejahtera ini dipusatkan di Ruang Kendali Utama Lantamal IX, Rabu (5/8).

KASAL dalam sambutannya pada kesmepatan itu mengatakan, ketahanan pangan saat ini menjadi topik yang hangat diberitakan pada media massa, dimana berkaitan erat dengan ketahanan pangan yaitu kedaulatan pangan dan kemandirian pangan.

Selain itu, dasar negara juga mengatur tentang pangan sebagai wujud nyata bahwa negara menghormati, memenuhi dan melindungi hak atas warga negaranya, bahkan ketahanan dalam memerangi terjadinya kelaparan.

“Salah satu dampak pandemi covid-19 sangat kita rasakan saat ini adalah sektor pangan situasi ini merupakan implikasi dari PSBB yang berimbas pada distribusi pangan di daerah-daerah di seluruh Indonesia. Hari ini kita bisa melihat hasilnya jika halangan bagi kita untuk ciptakan inovasi-inovasi baru bagi perkembangan dari tahun ke tahun terus terus bergerak maju,” ujar Kasal.

Baca Juga: Gegana Maluku Kembali Sterilkan Sejumlah Lokasi

Menurutnya, ancaman sebagai garda terdepan dalam menjaga kedaulatan negara yang berada di dekat harus tetap menjaga serta melaksanakan tugas dan fungsi sebagai pangkalan senantiasa tetap terjaga.

“kita harus beroperasi tentunya dengan tetap melaksanakan tugas TNI AL dengan baik.

Kita tidak bisa mengubah arah angin tetapi kita bisa gunakan layar, pandemik covid-19 tidak dapat diprediksi kapan akan berakhir, tetapi sebagai manusia yang beriman kita diberikan akal, maka masalah sulit seperti ini jadikan perbedaan ketahanan pangan ini sebagai bagian dari kehidupan terhadap pemerintah dan rakyat Indonesia karena justru di sinilah peran dan keterlibatan kita sebagai prajurit sangat dinantikan oleh seluruh rakyat Indonesia,” tuturnya.

Pada kesempatan itu Kasal juga menyampaikan terima kasih kepada panitia dan seluruh pihak yang telah berpartisipasi dengan baik sehingga terlaksananya kegiatanini dengan baik, terutama kepada para menteri dan Polri.

Untuk diketahui Vicon itu diikuti seluruh kotama jajaran TNI AL dans elesai acara dilanjutkan dengan peresmian Babinpotmar serta pemberian sembako kepada masyarakat dan laporan panen raya dari tiap-tiap Kotama.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kaurrenbinmasmar Kapten Laut (KH) Bisri beserta perwakilan Babinpotmar Lantamal IX Serda Bah Stanly Roberto Anakotta, Serda Tku Muhammad Farizulhak, Serda Ttg Samata Putra Sandi, Serda Ttu/W Fitriyanti Latuka, Serda Apm Ranita, Serda Jas Suhardi dan Serda Saa Dede.(S-21)