AMBON, Siwalimanews – Pasien terkonfirmasi kasus 989 berinisial NL (56)  berjenis kelamin laki-laki yang adalah warga keluarahan Silale, Kota Ambon, Senin (27/7) pukul 20.30 WIT menghembuskan nafas terakhirnya di ruang isolasi RSUD dr M Haulussy Ambon.

Informasi yang berhasil dihimpun Siwalimanews di RSUD dr M Haulussy menyebutkan, pasien ini masuk di RSUD dr M Haulussy pada 25 Juli dengan keluhan sakit jantung, demam dan batuk.

“Saat masuk pasien ini dapat penanganan medis di ruang IGD, dimana hasil rapid testnya reaktif dan kemudian dilakukan swab. Pananganan pasien ini kemudian dilakukan sesuai protap Covid 19 oleh tim Dokter RSUD,” ujar sumber tersebut yang enggan namanya dipublikasikan.

Setelah mendapat perawatan di ruang isolasi RSUD, pada Senin (27/7) sekitar pukul 20.30 WIT, pasien dinyatakan meninggal dunia oleh tim dokter. Koordinasipun dilakukan  tim dokter dengan pihak keluarga sekaligus menjelaskan riwayat pasien sehingga keluarga pasien menerima jenazah NL dikremasi sekaligus dimakamkan sesuai standar operasi prosedur (SOP) Covid 19.

Usai dilakukan pemulasaran jenazah, Selasa (28/7) sekitar pukul 03.50 WIT,  jenazah diantar menggunakan mobil jenazah milik RSUD dr M Haulussy menuju ke TPU khusus Covid-19 di Desa Hunuth dengan pengawalan dari personil Sabhara Polresta Pulau Ambon.

Baca Juga: Maluku Kembali Tambah 4 Kasus Baru

Sementara itu sumber terpercaya Siwalimanews di lokasi pemakaman menyebutkan, jenzah pasien NL ini tiba di kompleks pemakaman TPU khusus Hunuth pada Selesa (28/7) dini hari sekitar pukul 04.00 WIT, saat tiba langsung dilakukan proses pemakaman.

“Jenazah tiba itu sekitar pukul 04.00 WiT dan langsung kita lakukan proses pemakamannya sampai dengan berakhir pada pukul 04.40 WIT. Proses pemakamannya juga didampingi keluarga almarhum dan semuanya berjalan lancar,” tuturnya.

Sementara itu Ketua Harian Gugus Tugas Provinsi Maluku Kasrul Selang yang dikonfirmasi Siwalimanews Selasa (28/7) membenarkan bahwa pasien dnegan inisial NL yang terkonfirmasi positif kasus 989 telah meninggal dunia di RSUD  pada Senin (27/7).

“Benar pasien 989 berinisial NL telah meninggal. Pasien ini terkonfirmasi positif COVID-19 dengan comorbid dan dirawat di RSUD dr M Haulussy sejak 20 Juli,” ungkap kasrul.

Untuk proses pemakamannya kata Kasrul telah dilaksanakan dengan protokol covid di dampingi keluarga almarhum di TPU khusus Hunuth Selasa (28/7) subuh.

Atas nama Pemda Maluku dan Pemkot Ambon serta Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 menyampaikan turut berbelasungkawa atas meninggalnya pasien NL. Semoga almarhum mendapat tempat yang layak di sisi Tuhan YME, dan keluarga yang ditinggalkan selalu diberikan ketabahan.(S-39)