AMBON, Siwalimanews – KPU Maluku memastikan akan mendistribusikan logistik pemilu ke daerah-daerah terjauh dan terluar di provinsi ini.

“Nanti dalam proses distribusi, akan dilihat mana yang paling terluar, mana yang paling terjauh, itu yang didahulukan distribusinya, termasuk mempersiapkan transportasinya, personel dan pengamanan serta hal lainnya,” ungkap Ketua KPU Maluku Syamsul Rifan Kubangun, kepada Siwalimanews di Ambon, Selasa (30/1).

Ditanya soal pemenuhan surat suara yang kurang dan pencetakan surat suara yang rusak sebelumnya, Kubangun mengaku, kekurangan maupun kerusakan logistik, terutama surat suara, sudah diajukan, dan saat ini sudah dipenuhi sampai dengan tanggal 29 kemarin.

Bahkan, sejak kemarin, proses pengepakan dengan memasukan surat suara, formulir dan lainnya ke kotak suara sudah mulai dilakukan.

Sementara menyangkut dengan permasalahan di Kabupaten Aru Kubangun mengaku, sistem kontrol untuk Aru adalah, pihaknya akan berbagi tugas bersama komisioner lainnya dan akan ada yang stay di Aru guna tetap menjalankan tugas dan fungsi KPU.

Baca Juga: Watubun Minta Ganjar Perhatikan Maluku

“Jadi kita diharuskan ambil alih seluruh tugas, wewenang dan kewajiban berdasarkan keputusan KPU RI. Sampai hari ini, semua proses di Aru tetap berjalan dengan baik, termasuk soal logistik, pelantikan KPPS, kemudian bimtek, semuanya berjalan dengan baik dan termonitor oleh KPU Maluku,” jelasnya.(S-25)