KEPALA Dinas Perhubungan Kabupaten Seram Bagian Timur, M. Ramli Kilwarani memastikan, bulan November mendatang, KM Tanu­sang 01 sudah mulai beroperasi.

KM Tanusang ini merupakan jenis kapal bus laut  disiapkan untuk beroperasi terhadap dermaga penyeberangan Airnanang Keca­matan Siritaun Wida Timur dengan tujuan Geser, Kecamatan Seram Timur.

“Selama ini jalur tersebut, hanya transportasi lokal dan kecil maka tahun 2023 sudah ada kapal se­hingga pertama  untuk mening­katkan arus transportasi tersebut untuk menjaga terhadap kesela­matan masyarakat,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan Seram Bagian Timur, M. Ramli Kilwarani,  kepada Siwalima, di ruang kerjanya, Kamis (31/8).

Kilwarani mengaku, kapasitas KM Tanusang 01 tersebut bisa untuk mengangkut sekitar 15 unit kendaraan bermotor dan juga penumpang mungkin lebih dari sekitar 40 orang.

“Pada tahun anggaran 2023 dan juga terkait dengan akses trans­portasi itu, maka dilakukan rehabi­litasi juga terhadap dermaga Airna­nang dan dermaga penyeberangan Geser. Jadi nantinya ada penam­bahan kapal, dan direhabilitasi juga dua dermaga penyeberangan itu sehingga aktifitas masyarakat bisa berjalan secara baik. Dan bentuk kapal dan kondisinya yang  sudah disiapkan mencapai 50 persen, diharapkan bulan November ini sudah bisa didatangkan ke Kabupaten Seram Bagian Timur,” tandasnya.

Baca Juga: Marasabessy: Tuhan Menyertai Proses Pembangunan 

Kilwarani menjelaskan, jika kapal tersebut didatangkan pada bulan November maka operasionalnya baru bisa diatur pada tahun anggaran 2024, karena harus juga disiapkan biaya atau anggaran operasional dan sebagainya.

“Sebagai operator kapal ini, pelaksanaannya dari Dinas Perhubungan Kabupaten Seram Bagian Timur, bekerjasama dengan Perusahaan Daerah Panca Karya di Ambon untuk dapat beroperasi,” ujarnya. (S-27)