BUPATI Maluku Barat Daya, Benyamin Th. Noach menerima bantuan 5000 tanaman cengkeh dan pala bagi para petani, yang disumbangkan Anggota DPR asal Provinsi Maluku Fraksi PDIP-Perjuangan,  Mercy Barends, yang berlangsung di Taman Kota Tiakur, Selasa (26/4).

Kedatangan Mercy Barends selain dalam masa reses sebagai anggota DPR, ia juga hadir sebagai Wakil Ketua Bidang Kaderisasi dan Indeologi DPD PDIP Maluku yang melakukan pendidikan kaderisasi bagi kader PDIP di Maluku Barat Daya melalui kegiatan Pendidikan Kader Pratama DPC PDI Perjuangan di Maluku Barat Daya Angkatan I.

Didampingi  Bupati Maluku Barat Daya, Benyamin Th. Noach, Ketua DPRD Kabupaten MBD Petrus A. Tunai, Sekretaris Daerah Kabupaten MBD A. Siamiloy beserta Pimpinan OPD Lingkup Pemda Kabupaten MBD dan para simpatisan Partai PDIP Perjuangan.

“Atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat Maluku Barat Daya, kami mengucapkan terima kasih kepada Ibu Mercy Barends atas kehadirannya di Maluku Barat Daya, dan juga atas sumbangan pribadi Beliau berupa bibit yang diberikan setiap tahunnya bagi Maluku “ kata Bupati dalam sambutannya.

Baca Juga: Masyarakat Desa Luang Barat Nikmati Air Bersih

Lanjutnya,  Kabupaten Maluku Barat Daya mempunyai sektor perikanan yang dapat diandalkan namun karena berbagai faktor mengakibatkan daerah ini masih tertinggal               dan untuk hal tersebut  akan tetap dilakukan pembenahan dengan upaya bantuan dari Ibu Mercy dan teman-teman di Jakarta sehingga tumbuhnya industri-industri kecil di sektor perikanan dan kerajinan. Semoga apa yang dilakukan oleh Beliau dapat memajukan Maluku dan juga Maluku Barat Daya.

Dikesempatan ini Mercy Barends menyampaikan program yang dilakukan adalah program penanaman dan revitalisasi tanaman cengkeh dan pala ini telah dilakukan dirinya sejak duduk di Komisi 7 DPRI.  Salah satu tujuan program ini juga adalah karena sejarah, dimana Maluku merupakan salah satu penghasil rempah-rempah terbesar di Maluku namun sekarang mengalami penurunan dan tertinggal dari daerah-daerah lain.

Dirinya berharap Maluku kembali meningkatkan produksi cengkeh dan pala melalui program penanaman tanaman tersebut dari hulu ke hilir di berbagai daerah. Disamping itu juga ada beberapa hal yang disampaikan sebagai motivasi bagi pengembangan daerah ini kedepan seperti masalah BBM dan listrik.

Tanaman Rempah Cengkeh dan Pala ini akan dibagikan bagi petani  di 4 Kecamatan yakni, Kecamatan Damer, Kecamatan Babar, Kecamatan Romang dan Kecamatan Wetar.  (S-08)