AMBON, Siwalimanews – Program inovasi media informasi  terpadu atau yang dikenal dengan Merindu di Sekretariat DPRD Maluku, meraih juara III dalam ajang Maluku Inovation Award (MIA) 2024.

Penyerahan penghargaan sebagai program inovasi antara OPD itu diserahkan Gubernur Maluku Murad Ismail kepada Plh Sekretaris DPRD Maluku Farhatun Rabiah Samal dalam musrenbang tingkat provinsi di salah satu hotel di Ambon, Rabu (17/4) kemarin.

Samal menjelaskan, inovasi ini merupakan salah satu produk inovasi pada proyek AKSI perubahan pada kegiatan Diklat Kepemimpinan Tingkat III Angkatan IV yang launching pada tahun 2022 lalu.

Hal ini bertujuan mendukung visi dan misi gubernur dan wakil gubenur yang telah tertuang dalam RPJMD, terutama terkait dengan perwujudan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.

“Saat itu berdasarkan arahan gubernur dalam mengembangkan inovasi di Maluku, bahwa satu institusi satu inovasi, dalam upaya mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik yang berkelanjutan,” ujar Samal kepada wartawan di ruang kerjannya, Kamis (18/4).

Baca Juga: Usulan Akar Rumput Jadi Penentu Rekomendasi PDIP

Menurutnya, program inovasi ini sebelumnya telah menjadi nominator dalam ajang Maluku Inovation Award 2023, tetapi tidak memenuhi syarat.

“Tahun kemarin memang tidak masuk dominasi karena presentasi program inovasi itu wajib dilakukan kepala OPD, tapi saat itu saya berada diluar daerah jadi tidak bisa dan awal tahun ada surat pemprov, maka kita masuk dan mendapat juara III,” ucap Samal.

Samal berharap, inovasi  Merindu yang dilakukan DPRD menjadi program yang bermanfaat bagi masyarakat dan pelayanan publik di lembaga ini

“Kami berharap kedepannya ada duplikasi program ini oleh kabupaten/kota, sehingga kegiatan kedewanan kabupaten/kota dapat berjalan dengan lancar,” harap Samal.(S-20).