NAMROLE, Siwalimanews – Pemerintah Kabupaten Buru Selatan menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional secara sederhana di halaman Kantor Bupati, Selasa (10/11).

Menteri Sosial Juliadi P Batubara dalam sambutannya yang dibacakan Bupati Tagop Sudarsono Soulisa mengatakan, peringatan Hari Pahlawan kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena harus dilakukan dengan protokol kesehatan.

“Kita dapat melaksanakan upacara bendera dan mengheningkan cipta secara serentak selama 60 detik untuk peringati Hari Pahlawan  dengan khidmat, meskipun di tengah masa pandemi covid ini. Tentunya dengan jumlah peserta yang terbatas dan disesuaikan dengan protokol kesehatan,” ujarnya.

Ia berharap, Hari Pahlawan kiranya tidak hanya sekadar diingat pada setiap 10 November saja, namun lebih dari itu perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan negara kesatuan republik Indonesia perlu terus dikenang sepanjang masa oleh semua sebagaimana tema hari pahlawan tahun 2020 yaitu “Pahlawanku Sepanjang Masa”.

Apa yang telah dilakukan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi semua orang untuk meneruskan perjuangan mereka.

Baca Juga: APD dan RDT Bantuan Pemprov Tiba di Bursel

“Kalau dulu kita berjuang dengan mengangkat senjata, maka sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa, seperti, kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham radikal, termasuk berjuang melawan pandemi Covid-19 yang saat ini melanda dunia,” ucapnya.

Meskipun dalam masa pandemi covid, peringatan Hari Pahlawan tahun 2020 diharapkan dapat berlangsung secara khidmat dan tidak kehilangan makna. Bahkan dapat memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa.

Semangat kepahlawanan yang terus menyala, dapat dijadikan sebagai motor penggerak dalam upaya mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan cita-cita pendiri negeri in

“Mari tunjukkan kontribusi kita kepada bangsa dan negara dengan menjadi pahlawan masa kini yang memiliki empati untuk menolong sesama, saling menghargai dan menghormati satu sama lain,” tambahnya.

Pada kesempatan itu, Ia juga mengimbau kepada seluruh rakyat Indonesia untuk berpartisipasi memperingati Hari Pahlawan 2020 sebagai salah satu bentuk penghargaan atas jasa para pahlawan. (S-35)