AMBON, Siwalimanews – Harga cabe rawit di yang dijual pedagang di pasar tradisional Mardika dan Batu Merah mencapai Rp 100 ribu/kg. padahal harga normal cabe itu berkisar Rp 27-30 ribu/kg

Kepada Siwalimanews Ratna pedagang cabe di Pasar Mardika mengaku, naiknya harga cabe dipasaran dikarenakan stok yang biasa didatangkan dari Pulau Seram maupun jawa sangat berkurang.

“Saat ini stok dari Bula maupun Surbaya sangat berkurang, sehingga kita pedagang juga susah untuk mendapatkan cabe, makanya ketika ada harganya juga cukup tinggi,” ujarnya.

Pedagang lainnya, Wahyudin juga mengaku, naiknya harga cabe ini dikarenakan stok berkurang sehingga pihak distributor atau agen juga menaikan harga.

“Karena harga distributor naik, kita ambil dengan harga Rp 60-70 ribu, makanya ada pedagang yang jual dengan harga Rp 80 ribu ada juga yang jual Rp 100/kg,” ungkapnya.

Baca Juga: Bulog Pastikan Stok Beras dan Gula Aman

Menurutnya, bukan saja kenaikan terjadi pada cabe, namun harga bawang merah juga mengalami kenaikan, dimana sebelumnya Rp 32 ribu/kg saat ini naik pada kisaran Rp 40-45/kg. “Kalau bawang putih sebelumnya kita jual itu Rp Rp 40 ribu/kg, kini turun menjadi Rp 30 ribu/kg,” ucapnya. (Cr-5)