AMBON, Siwalimanews – Bencana kebakaran kembali terjadi. Kali ini melanda dua unit rumah dan dua kios ludes terbakar di Jalan Gajah Benteng Atas tepatnya di Lingkungan RT 002/01 Kelurahan Benteng, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Jumat (15/12) sekitar pukul 11.00 WIT.

Kasi Humas Polresta Ambon Ipda Jane Luhukay kepada wartawan di ruang kerjanya Jumat (15/12) menjelaskan, berdasarkan keterangan  saksi  Julius Apolo Ritho (54) sebelum kebakaran terjadi, saksi  sementara berada di dalam kios miliknya, tiba tiba warga yang mengatakan adanya kebakaran di bangunan bekas kos-kosan milik saksi yang terletak tepat dibelakang kios miliknya.

“Melihat kobaran Api yang mulai membesar, saksi lalu meminta pertolongan dari warga sekitar untuk mengevakuasi barang-barang berharga dari dalam kios miliknya dan berusaha untuk memadamkan kobaran api  dengan menggunakan alat seadanya,” jelas Ipda Jane.

Namun Api yang terlalu besar menyulitkan warga sekitar, alhasil api tersebut dengan cepat merembet ke bangunan yang ada di sekitar tempat kejadian.

Tak lama berselang, 4 unit mobil pemadam kebakaran milik pemkot tiba di TKP dan langsung melakukan pemadaman api dengan dibantu Personel Polsek Nusaniwe dan warga sekitar.

Baca Juga: Gempa 5.1 Guncang MBD

“Personel piket Polsek Nusaniwe yang dipimpin Kapolsek Iptu Johan Anakotta tiba di TKP dan langsung membantu warga setempat untuk memadamkan api dengan menggunakan alat seadanya serta melakukan evakuasi barang – barang berharga dari dua kios yang ikut terbakar,” ungkap Ipda Jane.

Tak lama bergelut, api akhirnya berhasil dipadamkan. Akibat dari kebakaran ini enam bangunan yang terdiri dari 2 kios milik Julius Apolo Ritho dan Emilia Ritho ludes terbakar beserta isinya. Begitupun 4 unit rumah warga, masing masing milik, Julius Apolo Ritho yang berisikan 6 unit kendaraan roda dua hangus terbakar. Selanjutnya Rumah milik Emilia Ritho,  Marthen Ritho dan Erwin Gondeng juga ludes terbakar.

“Ada 4 rumah dan 2 kios yang terbakar, dengan kisaran kerugian berkisar Rp1.000.000.000. Dugaan sementara kebakaran akibat dari arus pendek listrik,” ucap Ipda Jane.(S-10)