AMBON, Siwalimanews – Dua pesawat dari Langgur tujuan Ambon nyaris gagal mendarat di Bandara Pattimura karena angin kencang, Rabu (1/11).

Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT881 jenis Boeing 737 itu membawa puluhan penumpang itu berangkat dari Bandara Karel Sadsuitubun (LUV) pukul 11.30 WIT dan diperkirakan tiba di Bandara Pattimura (AMQ) pada pukul 12.40 WIT.

Pantauan Siwalima melalui flight­radar menunjukan pada pukul 12.39 WIT pesawat sudah menurunkan kecepatan darat 180 kts dan keti­nggian dibawa 800 kk ketika mema­suki ujung runway bandara.

Namun secara tiba-tiba pesawat itu kemudian menambah kecepatan lagi. Moncong pesawat kemudian naik ke ketinggian 5.085 kk dan berputar di atas Kota Ambon.

Setelah melakukan manuver atau go around di atas Kota Ambon pesawat itu kembali melakukan manuver kedua kalinya dari arah Desa Hatu menuju ke Laha.

Baca Juga: Gerakan Pemuda Islam Gelar Khitanan Massal

Namun lagi-lagi usaha kedua kalinya gagal karena kencangnya angin pesawat kembali naik dan ber­putar di Kota Ambon dan berbelok ke Hative Besar dan kemudian men­darat mendarat tepat pukul 13.00 WIT.

Sementara pesawat Wings Air dengan nomor penerbangan IW1531 juga mengalami hal yang sama. Ter­bang dari Bandara Karel Sadsuitu­bun (LUV) pukul 10.45 WIT dan di­perkirakan tiba di Bandara Pattimura (AMQ) pukul 12.47 WIT.

Setelah melakukan manuver seba­nyak dua kali di atas Kota Ambon, akhirnya tepat pukul 13.05 WIT pe­sawat Wings Air akhirnya mendarat.

Legal Compliance and Stakehol­der Relation Manager PT Angkasa Pura I Atifatul Ismi yang dikonfirmasi Siwalima, kemarin membenarkan ada pesawat yang go around.

“Benar pak, bukan gagal mendarat tapi cuma go around,” terang Ismi.

Dirinya mengaku penyebab dua pesawat harus melakukan manuver di atas langit kota ambon karena pada saat akan mendarat angin bertiup cukup kencang. “Kecepatan angin 12 knot sehingga ada go around,” ungkapnya singkat. (S-09)