AMBON, Siwalimanews – DPRD Provinsi Maluku mendukung penuh upaya Pemerintah Pusat memasukan pulau Banda kedalam proyek srategis nasional (PSN) Parawisata Maluku.

Wakil Ketua DPRD Maluku Aziz Sangkala mengatakan, langkah Pempus dan Pemprov Maluku yang serius menjadikan Banda sebagai proyek srategis nasional parawisata di Maluku merupakan angin segar bagi masyarakat Banda.

“Kita mendukung penuh dan mengapresiasi langkah pemerintah memasukan Banda sebagai PSN Parawisata Maluku,” jelas Sangkala kepada Siwalima, Kamis (17/12)

Menurutnya, perjuangan masyarakat Banda untuk mendapatkan perlakuan khusus dari negara sudah sangat lama, baik dimulai dari usulan kawasan ekonomi khusus yang tidak berjalan kemudian kawasan parawisata cagar budaya pun tidak ada kelanjutannya.

Jika sekarang masuk dalam proyek srategis nasional parasiwata, maka DPRD meminta, pembangunan infrastruktur pendukung harus diperhatikan pemerintah. “Kita berharap mudah-mudahan dengan itu Banda bisa mendapatkan kelebihan perlakukan dalam pembangunan, baik bandaranya dibuat lebih baik untuk kepentingan parawisata, juga ditingkatkan sarana-prasarananya dikembangkan.

Baca Juga: Malteng Raih Inovatif Government Award

Selain itu, perikanan mendapatkan pembangunan yang lebih memadai dan yang penting transportasi karena masih banyak masyarakat mengeluh transportasi dari dan ke Banda.

Seperti diberikatakan, Maluku terus mengembangkan salah satu potensi pariwisatanya yakni menjadikan Banda sebagai proyek strategis nasional (PSN).

Sejumlah event tingkat nasional dan internasional sudah digelar sebagai penanda dimulainya proyek besar tersebut oleh Pemerintah Provinsi Maluku.

“Jadi fokus pengembangan pariwisata dimulai dari Pulau Banda yang akan menjadi icon untuk seluruh Provinsi Maluku melalui program PSN,” jelas Kepala Bappeda Maluku, Anton Lailossa, kepada Siwalima, di ruang kerjanya, Selasa (15/12).

Menurutnya, Banda memiliki nilai jual pariwisata ditingkat internasional dari berbagai sisi dan memang sudah dikenal sejak dulu oleh masyarakat dunia.

Kata dia, saat ini pihaknya sementara membenahi sarana tranportasi memperbanyak event-event tingkat nasional dan internasional untuk memperkenalkan Banda. (S-50)