BULA, Siwalimanews – Dinas Kesehatan Kabupaten Seram Bagian Timur menemukan enam Kasus HIV/AIDS di kabupaten tersebut. keenam kasus ini diantaranya lima warga positif HIV dan satu warga positif AIDS.

Keenam warga yang positif HIV/AIDS ini ditemukan di tiga Kecematan yakni, Kecematan Bula Barat, Kecematan Bula dan Kecematan Teluk Waru.

“Kasus-kasus ini ditemukan terhitung mulai dari bulan Januari hingga Juni 2023. Sementara ditahun 2022 kemarin ditemukan 13 kasus,” ungkap Plt Kadis Kesehatn SBT Samun Rumakabis kepada wartawan di salah satu cafe di Kota Bula, usai kegiatan indentifikasi audit kasus stunting, Jumat (15/9).

Rumakabis mangaku, pihaknya saat ini sementara melakukan pendampingan dan memberikan pelayanan kepada mereka yang terinveksi, sementara untuk obat ARV yang diperuntukan bagi para pasien ini masih di datangkan langsung dari Ambon.

“Kita sementara lagi proses bentuk layanan- layanan, kemarin kita sudah lakukan pelatihan, terkait dengan tim HIV/ VIDS. Ada dua tim yang dibentuk, dimana satu tim di rumah sakit dan satu tim lagi menyebar di semua puskemas,” ungkapnya.

Baca Juga: Januari Hingga Agustus, Polresta Ambon Tangani 12 Kasus Asusila

Tim ini akan bertugas untuk melakukan penanganan dan lainnya, sehingga pasien-pasien ini maupun keluarga mereka tidak lagi mengambil obat di Ambon, karena ada dia punya layanan sendiri.

“Protapnya itu biasanya per triwulan atau per enam bulan sekali, karna mereka turun untuk melakukan tracing, apalagi pada tempat- tempat seperti cafe dan lain sebagainya. Di lokasi-lokasi ini kita lakukan tracing setiap tahun,” ungkapnya.(S-27)