BULAa, Siwalimanews- Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Timur meminta warga khususnya nelayan untuk waspada ketika melaut. Pasalnya, sesuai dengan perkiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kondisi laut di perairan Maluku tidak bersahabat

“Kepada seluruh nelayan dan masyarakat lebih memperhatikan kondisi cuaca pada akhir-akhir ini tidak bersahabat, dan diusahakan tidak memaksakan diri untuk melaut bila cuaca tidak mendukung,” harap Plt Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Seram Bagian Timur Jahdi Marasabessy kepada Siwalimanews,Sabtu (4/5).

Lebih lanjut kata Marasabessy, laporan tentang situasi dan kondisi cuaca tersebut itu menjadi rana Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika sendiri dan selalu terupdate dapat diakses lewat aplikasi internet.

Olehnya aktivitas penangkapan ikan yang akan dilakukan nelayan haruslah memperhatikan kelengkapan keselamatan jiwa seperti penggunaan life jacket dan lain- lain.

Dinas Perikanan juga berjanji akan memberikan update kondisi terkini kepada para nelayan.

Baca Juga: Hendrik Christian Kembalikan Berkas di Gerindra

“Saya harapkan agar untuk para nelayan dan masyarakat di daerah ini, agar senantiasa juga mengikuti, serta memperhatikan, mengupdate kondisi cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG dan dapat ditaati,” pungkasnya.

Ditambahkan sejumlah alat keselamatan juga telah diberikan pemerintah kepada para nelayan yang bersumber dari DAK maupun APBD seperti life jacket, pelampung, GPS/kompas.

“Nelayan atau penerima bantuan diinstruksikan wajib digunakan sebagai alat safety atau keselamatan setiap usaha melaut,” tandasnya.(S-27)