PIRU, Siwalimanews – Pejabat Bupati Seram Bagian Barat Andi Chandra As’aduddin memastikan butuh perbaikan dalam pelayanan kepada masyarakat.

Hasil penilaian ombudsman terhadap pelayanan publik di kabupaten dengan tajuk Saka Mese Nusa tersebut berada di zona kuning.

“Hasil penilaian kepatuhan standar Ombudsman Perwakilan Maluku SBB berada pada zona Kuning dengan nilai per tahun, tahun 2022 sebesar 59,42, tahun 2023 naik menjadi 65,73 artinya ada kenaikan sebesar 6,31 point, jelas bupati saat puncak perayaan HUT SBB yang dipusatkan alun-alun tugu Oma Opa Kota Piru, senin (8/1).

Tidak hanya itu dari 92 desa, berdasarkan indeks desa membangun (IDM) tahun 2023 desa dengan status mandiri sebanyak 9 desa, maju 23 desa, berkembang 54 desa, tertinggal 5 desa dan sangat tertinggal 1 desa.

“Capai status ini berdasarkan hasil rekomendasi dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi,” katanya.

Baca Juga: Infrastruktur Pesisir Memprihatinkan, Pemprov Dikecam

Selain itu ungkapnya untuk angka prevalensi stunting di tahun 2022 sebesar 27,50 persen atau penurunan dari tahun sebelumnya yakni 28,70 peren.

Menurutnya penurunan tersebut sebesar 1,2 point, dan hasil tersebut berdasarkan Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) Kementerian Kesehatan.

“SBB juga meraih penghargaan peringkat ke Ill dengan persentase penyaluran dana alokasi khusus (DAK) tahun 2023 di Maluku,” tegasnya.

Untuk itu saat ini upaya pembangunan secara konkrit telah dilaksanakan dengan isu-isu strategis program percepatan pembangunan, baik di bidang ekonomi, sosial kemasyarakatan dan berbagai pembangunan infrastruktur.

“Kita harus baku kele bersama dalam menjaga kekompakan dan strategi bersama dalam mengisi pembangunan secara berkelanjutan,” harapnya.

Di acara ini juga, ia mengaku kalau pemda menerima dua penghargaan yakni Wiyata Dharma Madya Nasional kepada Bunda Paud SBB dan penghargaan dari Universal Health Coverage (UHC).

“Selain penghargaan tersebut, pemanfaatan transfer ke daerah (TKD) mendapat penilaian kategori baik pada regional III tahun 2023 untuk Kabupaten SBB,” terangnya.

Kabupaten SBB juga terbaik dalam penginputan sistem pemantauan pasar kebutuhan pokok (SP2KP) tingkat nasional tahun 2023.

Selanjutnya juara l situs sejarah terbaik Kapitan Jonker de Manipa dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia Ke-8 API Award tahun 2023.

“Capaian dan keberhasilan ini bisa diraih, bukan karena saya sendiri, namun atas dukungan dan kerja sama semua pihak,” ujarnya.

Dalam perayaan syukuran ini juga terlihat bupati didampingi Ketua PKK Norma Riana As’adudin memotong tumpeng dan dibagikan kepada Ketua DPRD A. Rasyid Lisaholit, Sekda Alvin Tuasuun dan forkopimda lainnya. (S-18)