Bupati Noach juga meminta agar Kepala Desa yang baru dilantik segera melakukan rekonsiliasi dan bangun komunikasi dengan berbagai pihak. Jangan ada lagi kelompok pro dan kontra, semua harus bersatu dan bersama membangun desa, hal ini disampaikan Bupati Maluku Barat Daya (MBD), Benyamin Th. Noach, yang berlangsung di Pusat Negeri Desa Nusiata Kecamatan Pulau Wetang, Jumat (4/11) .

“Kepala Desa itu dituakan dan ditokohkan masyarakat. Tokoh itu bukan diangkat sendiri tetapi karena perilaku, tata krama dan dapat menjadi panutan, lalu orang menokohkan kita,” ungkap Bupati, dalam sambutannya.

Dijelaskan, kepala desa dalam menjalankan tugasnya bertanggungjawab kepada Bupati.

“Bogol burung garuda yang dipasang adalah menjadi tanda bahwa garuda itu memiliki sayap yang panjang, besar dan dapat menembus angin kencang. Pemimpin harus bisa seperti itu, menjadi sombar, melindungi dan mengayomi masyarakat,” jelas Bupati.

Ia mengingatkan, kepala desa tidak boleh fokus dan berkutat hanya pada subsidi desa yang diberikan pemerintah. Harus fokus pada potensi desa sehingga dapat menjadi mandiri dan kuat secara ekonomi.

Baca Juga: Bupati Noach: Jangan Ada Penyalahgunaan Dana Desa

“Kita bersepakat dan sudah menandatangani pakta integritas, itu berarti kita harus kerja sesuai aturan untuk mensejahterakan masyarakat,” tegasnya.

Bupati menegaskan, visi misi Kepala Desa harus memperkuat visi misi Bupati. Kepala Desa harus berjalan searah dengan Bupati untuk membangun negeri.

Ia berharap, dengan memiliki pemimpin yang baru, desa-desa di kecamatan ini harus bisa buktikan komitmennya untuk membangun desa, mampu buat terobosan dan perubahan.

Untuk diketahui, empat kepala desa yang dilantik masing-masing, Kepala Desa Nusiata, Yosephus Anmama, Kepala Desa Rumah­lewang Besar, Fredrek Rumahle­wang, Kepala Desa Pota Besar, Christian Alyona dan Kepala Desa Upuhupun, Lukas Kiryoma.

Seremonial pengambilan sumpah janji dan pelantikan kepala desa juga dihadiri, Wakil Bupati MBD, Agustinus L. Kilikily, Asisten Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten. MBD, Daud Reimialy, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Johzes H. F. Leunufna, Inspektur Daerah Kabupaten MBD yang juga Plt. Kepala BPMD PP dan KB, Michel J. Rijoly, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten MBD, Marthen Rahakbauw, Camat Pulau Wetang, Frejon Lameky,  Kapolsek PP. Babar, Ipda. Frangky A. Bonara,  para ASN dan Masyarakat Kecamatan Pulau Wetang. (S-08)