PENJABAT Bupati Maluku Tengah (Malteng), Muhamat Marasabessy mengapresiasi pembangunan Koramil Kecamatan Teluk Elpaputih Kabupaten Maluku Tengah, di Negeri Waraka, Jumat (21/7).

Dalam sambutannya, Marasabessy mengatakan, selain berfungsi menjaga kedaulatan negara dan mengawasi wilayah pertahanan, Kantor Koramil Kecamatan Teluk Elpaputih juga dapat membantu menjaga stabilitas keamanan dan stabilitas sosial masyarakat.

“Secara pribadi maupun pemerintah, saya mengapreasiasi dibangunnya kantor Koramil Kecamatan Teluk Elpaputih Kabupaten Maluku Tengah. Tentu selain memiliki peran penting dan melakukan pengawasan keamanan serta kedaulatan negara dan menjaga stabilitas keamanan fungsi penting lainnya adalah juga menjaga stabilitas sosial masyarakat yang saat ini sangat komplek mulai dari ketahanan ekonomi, sosial budaya bahkan masalah masalah lingkungan, kebencanaan dan lain sebagainya. Bagi kami, fungsi dan peran kantor Koramil sangat strategis,” ungkap Marasabessy.

Sebagai komando teritorial paling rendah di tingkat kecamatan, kata bupati, Koramil miliki peran strategis dan penting sebagai ujung tombak pelaksanaan Sishankamrata. Tak hanya itu, Kantor Koramil juga merupakan salah satu lembaga pemerintahan yang strategis di tingkat kecamatan.

“Dalam konteks ini, pembangunan Kantor Koramil ini menjadi tonggak penting dalam memperkuat infrastruktur dan kapasitas kinerja Koramil dalam melaksanakan tugas-tugasnya,” jelasnya.

Baca Juga: Marasabessy Puji Paripurna Istimewa DPRD Malteng

Dikatakan, pembangunan Kantor Koramil  merupakan lembaga pemerintahan sangat strategis untuk memastikan keamanan dan ketertiban di tingkat kecamatan.

“Dengan dukungan dari semua pihak, Koramil akan semakin dekat dengan masyarakat, bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama, yaitu menciptakan keamanan dan ketertiban yang kondusif bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Menurutnya,  pembangunan itu menjadi awal dari rangkaian pembangunan infrastruktur dan pelayanan publik yang lebih luas dan berkualitas di wilayah Maluku Tengah.

“Koramil yang memiliki sarana dan prasarana yang memadai akan lebih siap dalam memberikan respon cepat dalam menghadapi berbagai tantangan dan permasalahan di wilayah kecamatan,” tandas Bupati.

Lanjut Bupati, pemerintah daerah akan terus memberikan dukungan penuh bagi semua elemen yang berperan aktif dalam mendorong serta mendukung tugas pemerintah memajukan wilayah kabupaten tertua di Maluku itu.

“Pembangunan Kantor Koramil ini merupakan bukti nyata komitmen pemerintah daerah dalam memberikan dukungan penuh bagi semua elemen yang berperan penting dalam memajukan wilayah ini,” cetusnya.

Bupati menambahkan, pemerintah daerah menyadari bahwa tanpa adanya infrastruktur yang memadai dan sarana prasarana yang memadai, tugas-tugas Koramil akan menjadi terhambat. Oleh karena itu, pembangunan ini merupakan bagian dari upaya bersama kita untuk mewujudkan pemerintahan yang baik dan efektif demi kepentingan masyarakat,”  katanya. (S-17)