AMBON, Siwalimanews – Bupati Kepulauan Tanimbar, Petrus Fatlolon, melaunching penyaluran Bantuan Sosial Beras (BSB) untuk Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM PKH), Rabu (14/10).

Dalam release Humas Pemkab KKT, yang diterima Siwalima dijelaskan, acara yang berlangsung di halaman Kantor Kecamatan Tanimbar Selatan dihadiri oleh pimpinan OPD, Kepala Bulog Saumlaki, Pimpinan BUMD PT. Logistik Bhandar Gara Reksa, Koordinator serta para pendamping PKH di Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan perwakilan penerima dari desa-desa terdekat.

Penyaluran BSB merupakan perluasan kebijakan dalam rangka penanganan dampak pandemi Covid-19 melalui pelaksanaan jaring pengamanan sosial, Kementerian Sosial RI berupa bantuan sosial beras bagi KPM PKH di Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Bantuan Sosial Beras bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran KPM PKH melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan beras selama pandemic Covid-19. Dengan pertimbangan dalam keluarga PKH terdapat anak lanjut usia dan penyandang disabilitas yang perlu perlindu­ngan dan pemenuhan nutrisi.

Bantuan diberikan kepada 7.690 KPM PKH yang tersebar di desa/kelurahan se-Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Penyaluran bantuan tersebut merupakan hasil kerjasama Kementerian Sosial RI dengan Perum Bulog Saumlaki, sebagai penyedia beras.

Stok beras yang disediakan oleh Perum Bulog Saumlaki sebanyak 346 ton dengan masing-masing KPM PKH mendapat 1 karung beras dengan berat 15 kg dan PT. Logistik Bhandar Gara Reksa sebagai selaku pihak ketiga penyaluran bantuan sosial yang ditetapkan Kementerian Sosial RI kepada KPM PKH yang tersebar di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Baca Juga: Komut akan Gelar Rapat Hari Ini

Bupati menghimbau agar masyarakat turut berpartisipasi dan mengawal penyaluran BSB ini agar tepat sasaran dan dipergunakan sebagaimana mestinya.

Menurutnya, ditengah pandemi Covid-19, pemerintah tetap memberikan perhatian kepada masyarakat melalui penyaluran bantuan-bantuan salah satunya BSB ini.

“Saya minta agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan, yakni memakai masker, rajin cuci tangan, jaga jarak dan pola hidup bersih dan sehat sehingga bersama-sama memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Kabupaten Kepulauan Tanimbar,” imbaunya.

Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama yang baik PT. Perum Bulog Saumlaki sebagai penyedia dan BUMD Logsistik Bhandar Gara Reksa sebagai transpoter yang akan menyalurkan bantuan hingga ke desa-desa.

Bupati juga berpesan kepada masyarakat, terutama para KPM PKH agar selalu mensyukuri setiap bantuan yang diberikan dan dalam kondisi sulit. (S-16)