PIRU,Siwalimanews – Penjabat Bupati Seram Bagian Barat Andi Chandra As’aduddin mengharapkan agar generasi muda terutama para pelajar dapat melestarikan budaya, sehingga terpelihara dengan baik.

Harapan tersebut disampaikan bupati saat membuka lomba pagelaran seni bertajuk Baku Kele Par SBB Damai tingkat SMP dan SMA yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di Gedung Hatu Telu, Kota Piru, Jumat (5/1).

Bupati mengaku, pagelaran seni merupakan bagian dari rangkaian dalam memeriahkan HUT SBB ke-20 yang jatuh pada, Senin (8/1). Untuk itu, pagelaran seni ini juga merupakan pentas seni sebagai sarana pengembangan bakat, minat dan daya cipta dari generasi muda, khusunya para pelajar di bumi Saka Mese Nusa.

Disis lain, pagelaran ini juga untuk memperkenalkan, sekaligus menunjukan hasil karya seni musik, tari, teater, drama dan sebagainya dengan penampilan busana tradisional yang dimiliki oleh daerah ini, terutama di masyarakat.

Oleh sebab itu, dengan pagelaran seni ini, kiranya dapat meningkatkan kemampuan berkarya dan mental keberanian untuk tampil di depan publik, serta bermanfaat untuk melatih para generasi muda agar terus kreatif dalam menyalurkan bakat yang dimiliki.

Baca Juga: Nataru Kondusif, Polda Fokus Pengamanan Pemilu

“Tentunya dengan kegiatan ini agar anak-anak kita kelak menjadi penerus generasi bangsa yang mampu menampilkan kreativitas diri, baik dari segi karya seni, musikalisasi, tari-tarian, bahkan teater maupun drama dengan tidak meninggalkan unsur budaya daerah yang kita miliki, sehingga keragaman budaya akan selalu terjaga dan terus di lestarikan, agar tidak menjadi pudar dan menghilang dari generasi kita sebagai penerus bangsa ini, terlebih khusunya di bumi Saka Mese Nusa yang kita cintai,” ucap bupati.(S-18)