PIRU, Siwalimanews – Badan Penanggulangan Bencana Derah Kabupaten Seram Bagian Barat menyalurkan bantuan tanggap darurat bagi korban banjir di Dusun Laala, Kecamatan Huamual. Bantuan yang diberikan berupa,  tenda, tikar, sembako serta melakukan pengerukan sungai.

Untuk diketahui, banjir yang melanda Huamual, khusunya di Dusun Laala dalam sepakan ini akibat intensitas curah hujan yang cukup tinggi, yang menyebabkan meluapnya aliran sungai Laala dan meluap ke pemukiman warga hingga saat ini.

“Banjir menggenang sebagian rumah warga, kemudian yang ada di pengungsian sudah diberikan tenda, tikar dan beberapa bantuan sembako lainnya. Sedangkan warga lainnya masih bertahan di rumah, karena kurang terdampak banjir,” ungkap Kepala Dinas BPBD Thomas Watimena kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (29/8).

Menurutnya, atas banjir tersebut BPBD merespon dengan cepat ke lokasi, serta berkoordinasi dengan instansi terkait dan melakukan evakuasi warga yang terdampak. Hingga saat ini tercatat ada sekitar 55 KK, dan 50 unit rumah yang terendam di Dusun Laala, serta fasilitas umum lainnya.

Baca Juga: BNPP Gelar Peningkatan Kapasitas Aparatur Pengelola Perbatasan Negara

“Ketinggian banjir berkisar setinggi lutut orang dewasa, namun tidak ada korban jiwa,” jelas Watimena.

Pada kesmepatan itu, Watimena menghimbau kepada masyarakat untuk mengantisipasi potensi waspada bahaya banjir susulan dengan menjaga sungai dan selokan tetap bersih, agar mampu menampung debit air yang banyak ketika musim hujan. (S-18)