AMBON, Siwalimanews – Kementerian Agama menargetkan, penetapan embarkasi haji antara di Provinsi Maluku akan dilakukan pada tahun 2024 mendatang. Penetapan embarkasi haji antara Maluku ditandai dengan kedatangan tim Kementerian Agama guna melakukan visitasi.

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama Saiful Mujab kepada wartawan di Ambon, Jumat (27/10), menejelaskan kedatangan tim Kementerian Agama bertujuan untuk melihat secara langsung kesiapan Maluku menjadi embarkasi haji.

“Ini terkait kesiapan untuk embarkasi haji antara, tadi sudah kita rapatkan dengan gubernur menyangkut beberapa persyaratan, termasuk peraturan gubernurnya maupun persyaratan teknisnya,” ucap Saiful.

Beberapa persyaratan yang akan ditinjau oleh tim Kementerian Agama kata Saiful, diantaranya kesiapan Bandara Pattimura dan asrama haji yang nantinya menampung jemaah haji jika ditetapkan sebagai embarkasi haji antara.

Hal ini karena, Kementerian Agama telah menerapkan one top service guna memberikan layanan jamaah haji menggunakan sistem satu atap.

Baca Juga: DPRD Harap Pedagang Harus Paham Soal Digital Marketing

“Kalau sudah selesai dan menjadi embarkasi haji antara, maka semua jemaah haji keluar hari asrama dan menuju bandara untuk diberangkatkan ke Arab Saudi,” ujar Saiful.

Saiful menegaskan, jika nantinya seluruh persyaratan telah terpenuhi, maka di tahun 2024, Maluku akan menjadi embarkasi haji antara.

“Pergub sudah terpenuhi, syarat kesiapan teknis pemerintah daerah dan unsur lain serta kesiapan asrama juga sudah siap, semoga Insya Allah tahun 2024 embarkasi haji antara ditetapkan, karena semua persyaratan telah terpenuhi,” ungkap Saiful.(S-20)