AMBON, Siwalimanews – Universitas Pattimura kembali mewisudahkan 1.547 lulusannya yang terdiri dari, 1.072 lulusan Strata satu, 387 profesi guru, 84 lulusan magister dan 4 lulusan doktor.

Wisuda berlangsung dalam rapat senat terbuka luar biasa dalam rangka wisuda sarjana, magister, doktor dan PSDKU Kabupaten Aru dan Kabupaten Maluku Barat Daya periode Desember 2023 itu, dipimpin Ketua Senat, S E M Nirahua, dan dihadiri oleh Rektor Unpatti Fredy Leiwakabessy dan seluruh civitas akademika Unpatti, yang berlangsung di Audiotorium Unpatti di Desa Poka, Senin (18/12).

Wisudawan periode Desember 2023 terdiri dari Fakultas Hukum 134 lulusan, FISIP 146 lulusan, FKIP 609 lulusan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 148 lulusan, Fakultas Pertanian 51 lulusan, Fakultas Perikanan dan Iimu Kelautan 56 lulusan, Fakultas Teknik 183 lulusan, Fakultas MIPA 49 lulusan dan Fakultas Kedokteran 20 lulusan.

Selain itu, ditambah dengan, PSDKU Kabupaten Aru 43 lulusan, PSDKU Kabupaten Maluku Barat Daya 20 lulusan dan Pascasarjana Akademik 88 lulusan. Ribuan lulusan ini diwisudakan berdasarkan SK Rektor Unpatti Nomor 4000/UN13/SK/2023.

Dari ribuan lulusan ini, lima lulusan diantaranya mendapat predikat cumlaude, salah satunya adalah Kepala Bappeda  Kota Ambon Enrico Rudolf Matitaputty pada Program Pasca Sarjana dengan Prodi S3-IImu Kelautan.

Baca Juga: DPRD Dukung Program Kejari Ambon

“Ijazahmu ada pada gelarmu. Mungkin anda menganggap ijazah ini sebagai tiket menuju kehidupan yang lebih baik. Tapi tidak demikian, ijazah ini adalah tiket untuk mengubah dunia. Maka dengan itu, selalu berkontribusi dan bermanfaat bagi masyarakat, karena orang hebat tidak dihasilkan dengan kemudahan atau kesenangan, tapi dibentuk oleh kesukaran, tantangan dan air mata,” ucap Nirahua.

Pada kesempatan itu, Nirahua juga menyampaikan terimakasih kepada mantan Rektor Unpatti, MJ Sapteno dan keluarga, serta menyampaikan selamat kepada rektor baru atas tugas yang embannya.

“Saya mengajak seluruhnya agar tetap bergandengan tangan membangun kampus orang basudara ini,” pinta Nirahua.(S-25)