AMBON, Siwalimanews – Ketua DPC PKS Kota Ambon Yusuf Wally memastikan akan ada wajah-wajah baru yang akan mengisi kursi PKS yang berkualitas, sekaligus menjadikan satu fraksi utuh di DPRD Kota Ambon, pada pileg 2024 mendatang.

Walaupun dirinya dan Saidna Ashar bin Taher ditugaskan oleh partai untuk bertarung merebut kursi di DPRD Maluku, lantaran keduanya sudah mengabdi selama dua pertiode, namun ia yakin target untuk meraih fraksi utuh di DPRD Kota dapat terwujud.

“Ini merupakan arahan DPW untuk kami amankan kursi di DPRD provinsi. Kami sudah dua periode di DPRD Kota, siapapun yang akan duduk nanti, intinya kursi PKS tetap aman,” ujar Wally kepada Siwalimanews, di Baileo Rakyat Belakang Soya, Selasa (4/4).

Terkait pendaftaran menurut Wally, dari daerah pemilihan yang telah ditetapkan, ada beberapa dapil yang belum selesai proses penetapan calegnya, sehingga proses itu masih terus berjalan hingga nanti pendaftaran ke KPU.

“Jadi masih dibuka. Untuk dapil I itu kita sudah punya calon, untuk laki-laki 4 orang, tetapi untuk perempuan kita masih kurang 3. Sementara untuk Nusaniwe juga full kurang laki-laki 1. Dapil II itu sudah full, karena setelah mereka tahu saya maju provinsi, mereka mendaftar, termasuk ada yang mantan caleg, mantan anggota DPRD dulu juga daftar. Jadi belum ada penetapan 100 persen,” ujarnya.

Baca Juga: Gandeng Komnas HAM, Polda Selidiki Bentrok Hitu Wakal

Sebelumnya kata Wally, untuk dapil II ada 15 nama, namun kemudian diputuskan tinggal 8 nama, selanjutnya ada penambahan 1 kursi dan sudah ditambahkan. Untuk itu, satu fraksi utuh menjadi target PKS dalam Pileg 2024 mendatang.

Dalam Pileg 2024 nanti, PKS telah menyiapkan dua strategi, mengingat hingga kini belum ditetapkan bahwa Pileg 2024 akan berlangsung secara tertutup atau terbuka.

“Jadi ada dua hal yang kita siapkan, 1 secara terbuka dan satu secara tertutup. Jadi nanti saat aturan ditetapkan secara tertutup, berarti langkah ini dilakukan, demikian jika secara terbuka. Jadi kita sudah siapkan dua langkah,” pungkasnya.(S-25)