PENJABAT  Walikota Ambon, Bodewin Wattimena mengatakan, dalam setiap kegiatan, pihaknya selalu menyampaikan bahwa Pemerintah Kota tidak saja fokus pada pembangunan fisik semata, tetapi menyeimbangkan itu dengan meningkatkan kualitas intelektual, mental, karaktek, spiritualitas masyarakat.

Dan itu diperlihatkan dengan dukungan Pemkot terhadap kegiatan-kegiatan keagamaan, sosial kemasyarakatan.

“Itu bagian dari kita dukungan kita untuk penanganan penyebaran HIV/AIDS,”ujarnya, kepada Wartawan, di Ambon, Selasa (12/9).

Terkait dengan penyakit sosial kemasyarakatan, sambungnya, Pemkot punya standar yang dilakukan. Yang mana pihaknya tidak juga melelampaui kewenangan yang dimiliki pihak lain.

“Kami juga tidak punya daya jangkau sampai ke kewenangan instansi yang lain.

Baca Juga: Gubernur Lantik Penjabat Bupati Malteng

Misalnya soal HIV, kami hanya memberikan sosialisasi, edukasi kepada masyarakat supaya jangan melakukan seks bebas, seks sesama jenis. Jadi kita bekerja sama dengan LSM untuk memberikan sosialisasi, mengedukasi. Tapi terpulang kepada masyarakatnya, kalau masyarakatnya masih berperilaku seks bebas, Pemkot mau bikin apa,”cetusnya.

Demikain juga dengan penanganan narkoba, dimana Pemkot juga menggandeng sejumlah pihak seperti  BNN, Garnat, LAN dan lainnya.

“Kita bekerja sama buat Desa Bersinar bersih narkotika, bentuk kelompok-kelompk peduli narkoba, tapi kalau masyarakatnya tidak sadar, bandarnya tetap masuk bebas, lalu apa yang mau kita bikin. Jadi apa yang menjadi tanggungjawab kita, itu semua kkta lakukan,” tandasnya.(S-25)