AMBON, Siwalimanews – Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena mengatakan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah, harus menjadi wadah yang dapat dipakai sebagai media untuk membahas segala kepentingan pendidikan, khususnya ditingkat SMP, terkait mengimplementasi kurikulum merdeka belajar.

Pasalnya, implementasi kurikulum ini menjadi hal mutlak bagi satuan pendidikan, khususnya di Kota Ambon. Ini sesuai dengan tema yang diusung yakni, Optimalisasi Peran MKKS Dalam Mendorong Implementasi Kurikulum Merdeka

“Pemkot melalui Dinas Pendidikan akan senantiasa memprioritaskan kualitas pendidikan. Mulai dari tenaga pendidik, sampai dengan sarana-prasarana. Hal ini demi kelancaran proses belajar mengajar, dan ini akan menjadi barometer di Provinsi Maluku,” ujar walikota dalam sambutannya saat mmebuka rapat kerja II MKKS tingkat SMP se-Kota Ambon, yang dipusatkan di Wisma Gonzalo Veloso,  Rabu (15/3).

Pemerintah kota kata walikota, akan memprioritaskan kualitas pendidikan dari sisi tenaga pendidik, maupun sarana-prasarana dan MKKS merupakan wadah untuk menampung aspirasi satuan pendidikan sesuai peran dan fungsinya.

Ketua MKKS SMP Kota Ambon Sefnath Gaspersz menambahkan, komunitas ini merupakan organisasi kepala-kepala sekolah dalam pengembangan satuan pendidikan di masing-masing sekolah.

Baca Juga: Diduga Ada KKN di Lelang Pengelolaan Parkir

“Sebagai komunitas, MKKS berfungsi untuk membina profesionalitas kepsek, menumbuhkan semangat kerja, menyebarkan informasi dan inovasi, menjalin persatuan dan kesatuan dan sebagai media untuk memberikan tanggapan atas kebijakan pemerintah dan penyerapannya di sekolah,” jelasnya.

Untuk itu Gaspersz berharap, 50 peserta yang notabennya adalah para kepsek, dapat mengikuti kegiatan dimaksud, sehingga program-program yang dihasilkan nanti bermutu, guna mengimplementasikan kurikulum yang diturunkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan teknologi yakni merdeka belajar.

“Untuk itu, saya mengajak para kepala sekolah agar berperan aktif bergandeng tangan dalam melaksanakan program-program yang disepakati dalam rapat komunitas MKKS ini,” harapnya.(S-25)