AMBON, Siwalimanews – Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena memberikan pujian dan apresiasi atas kerja tim Pendampingan dan Percepatan Negeri Pemerintah Kota Ambon dibawa pimpinan Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Politik Piet Saimima.

Berkat kerja keras tim, Pemerintah Kota Ambon memastikan diakhir Desember 10 negeri sudah memiliki raja definitif.

Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena, kepada wartawan, Kamis (15/9) mengatakan, tim hingga kini masih berproses, dan tentu punya target dalam proses tersebut.

Bahkan Tim memprediksi, dalam bulan ini hingga Oktober mendatang, akan ada beberapa negeri yang akan dilantik raja definitifnya.

“Mudah-mudahan dalam bulan ini ada yang dilantik. Kita prediksi empat, tapi akan dilihat sesuai perkembangan prosesnya. Dan akan disusul empat lainnya. Yang penting ada progres dalam penyelesaian negeri yang belum punya raja defenitif,” jelasnya.

Baca Juga: Diduga Stres, Pemuda Ini Tewas Gantung Diri

Pada kesempatan yang sama, Saimima juga menambahkan, bahwa terkait 10 Negeri yang sementara didampingi oleh Ttm, delapan diantaranya ditargetkan  selesai pada Desember 2022.

Sementara dua lainnya, yakni Batu Merah dan Passo, tetap akan menunggu hingga adanya putusan inkra.

“Jadi nanti H-1 sebelum pelantikan, akan disampaikan resmi oleh walikota. Prinsipnya negeri-negeri yang tidak masuk dalam ranah hukum, akan diselesaikan,” ujarnya.

Ditambahkan dalam waktu dekat ini, tambahnya, akan ada pelantikan untuk beberapa negeri. (S-25)