WAKIL Bupati Seram Bagian Timur, Idris Rumalutur mengatakan, selama 3 tahun terakhir, dimulai dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia, sebanyak 24 episode merdeka belajar yang telah diluncurkan dinilai sangat dekat dengan cita-cita luhur sang pahlawan pendidikan nasional Kihajar Dewantara.

“Tentunya cita-cita luhur itu adalah tentang pendidikan yang menuntun minat dan bakat peserta didik agar agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan pengetahuan yang setinggi tingginya sebagai manusia yang berpendidikan,” ungkap Wabup saat membacakan sambutan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim, pada upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2023, yang berlangsung di Lapangan Hijau Trikora Negeri Taruy Kecamatan Tutuk Tolu Kabupaten SBT, Selasa (2/5).

Upacara ini dihadiri oleh para pimpinan OPD, Kepala ULP Bula Radak Kelrey, Kepala Kementerian Agama Kab SBT, para Kepala UPTD, Kepala Sekolah, serta para guru dan siswa-siswa SMA, SMP, SD, se-Kecamatan Tutuk Tolu.

Lanjut dia, berkaitan dengan kualitas pembelajaran dan mutu pendidikan disuatu daerah kini telah dapat dipantau langsung oleh kepala daerah maupun kepala sekolah melalui data asestmen kualitas pelayanan pendidikan.

“Ini terasa lebih mudah, tidak seperti zaman dulu, yang aktifitas monitoring terhadap pembelajaran mengalami berbagai kesulitan,” ujarnya.

Baca Juga: DPRD Dorong Pemda Perhatikan Laut Teluk Ambon

Selain itu, kata dia, para peserta didik sekarang dapat belajar lebih tenang, karena aktifitas pembelajaran dinilai secara kolektif oleh guru.

Disela-sela upacara ini, sejumlah Pengelola TK PAUD Kecamatan Tutuk Tolu, Kiandarat, dan Siritaun Wida Timur menerima piagam penghargaan dari Pemkab SBT yang diserahkan langsung oleh Wakil Bupati SBT. (Mg-1)