AMBON, Siwalimanews – Umat Katolik di Maluku tak lama lagi akan berpisah dengan sosok Mgr. Petrus Canisius Mandagi,MSC. Uskup Diosis Amboina ini ditunjuk Vatikan menjabat Uskup Agung Merauke Provinsi Papua.

Sekretaris Jenderal Keuskupan Agung Merauke, Romo Hendrikus Kariwop, dalam misa yang disiarkan secara virtual, Kamis (12/11) mengumumkan Uskup Agung Merauke akan dijabat Mgr Petrus Canisius Mandagi, MSC.

Kekosongan jabatan Uskup Agung Merauke dikarenakan Mgr Yohanes Philipus Saklil meninggal pada 2019. Mandagi sempat bertugas menjadi administrator apostolik Keuskupan Agung Merauke. Sejak saat itu, Mandagi, yang juga Uskup Amboina, sering pulang pergi Papua-Maluku.

Dengan diangkatnya Mandagi sebagai Uskup Agung Merauke, maka Mandagi dipastikan akan menetap di Merauke. Oleh sebab itu, untuk sementara  menunggu pengangkatan Uskup Amboina yang baru, Mandagi masih bertanggung jawab atas Keuskupan Amboina.

Untuk diketahui, posisi Uskup Agung Merauke kosong pasca diberhentikannya Uskup Nicolaus Adi Seputra, MSC pada tahun lalu oleh Vatikan. Mandagi sendiri merupakan salah satu tokoh perdamaian di Maluku saat daerah ini porak-poranda akibat konflik sosial.

Baca Juga: Pameran Musik Tradisional Jadi Inspirasi Generasi Muda

Peran Mandagi yang paling terasa adalah menjadi salah satu tokoh perdamaian kalau Maluku dilanda konflik sosial bernuasa agama pada tahun 1999. Oleh banyak kalangan di Maluku, Mandagi dianggap sebagai “bapak” orang Maluku.

Pihak Keuskupan Amboina yang dikonfirmasi perihal mutasi Mandagi ke Merauke-Papua belum mau berkomentar dengan alasan Uskup yang nantinya akan menyampaikan mutasi tersebut kepada publik.

(Cr-5)