AMBON, Siwalimanews – Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) melalui Lembaga Penjaminan Mutu (LPM), melaksanakan Kegiatan Pelatihan Auditor Sistem Penjaminan Mutu Internal.

Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari ini, yang dimulai dari tanggal 26-28 November 2020 dilaksanakan secara daring dan diikuti oleh oleh 25 peserta yang merupakan dosen dari 15 program studi yang berada di universitas tersebut.

Fasilitator kegiatan, JP Gr tur Sutapa, dari Universitas Gadjah Mada dan SP Soegijono dari UKIM.

Saat membuka kegiatan, Rektor UKIM Jafet Damamain berharap, lewat kegiatan yang dilaksanakan dapat mengembangkan implementasi terhadap sistem penjaminan mutu di salah satu universitas ternama tersebut.

Pertama, aktivitas monitoring dan evaluasi di tingkat fakultas dan program studi  semakin intensif dilakukan berdasarkan prinsip Perencanaan, Pelaksa­naan, Evaluasi, Pengendalian, Peningkatan (PPEPP),” ujarnya dalam rilis yang diterima Siwalima, Selasa (1/12).

Yang kedua, tambahnya, siklus audit tahunan dapat dilakukan secara berkala untuk memastikan apakah seluruh kegiatan di UKIM telah dilakukan sesuai standar yang ditetapkan.

Ketiga, mampu menginisiasi dan mengembangkan sistem penjaminan mutu internal sesuai kekhasan visi n misi masing-masing fakultas/program studi, sehingga mendorong terciptanya budaya mutu secara berkelanjutan. Keempat, trampil dalam merancang sistem penjaminan mutu dan sistem audit internal dengan baik. Kelima, melakukan penyesuaian dengan standar kampus mereka -merdeka belajar yang diwajibkan pemerintah,” tambahnya.

Selain itu, Kepala Lembaga Jaminan Mutu UKIM, Desianis Leunupun, yang juga merupakan ketua panitia dari kegiatan terse­-but mengungkapkan, kegiatan dimaksud bukan merupakan kegiatan yang biasa saja.

Proses pelatihan tersebut dikemas dengan sangat baik, dengan tujuan dapat membuahkan hasil yang sesuai dengan harapan. Dan hal tersebut terbukti dengan jumlah auditor yang bertambah dari sebelumnya. “Setelah kegiatan ini UKIM  memiliki 32  auditor mutu internal dari yang sebelum­nya 7 auditor mutu internal,” tandas Leunupun. (Cr-6)