AMBON, Siwalimanews – Balai Karantina Maluku memastikan tuna beku milik PT. Aneka Sumber Tata Bahari layak untuk di kirim ke luar negeri.

Sebelum dikirim, Satpel Pattimura, BKHIT Karantina Maluku berhasil melakukan pemeriksaan terhadap 25 ton lebih tuna beku yang pengirimannya menggunakan jalur laut.

Kepala Karantina Maluku, Abdur Rohman, dalam rilis yang diterima Siwalima, Rabu (24/1) mengaku pihaknya telah melakukan pemeriksaan menyeluruh dan telah dipastikan bahwa komoditas ikan itu aman dan siap diberangkatkan.

“Pemeriksaan dilakukan baik itu jumlah, jenis, dan volume produk melakukan pemeriksaan menyeluruh, termasuk soal kesehatan diperiksa secara organoleptik untuk memastikan mutu dan keamanan produk itu terjamin,” terang Rohman.

Selain itu juga pemeriksaan lainnya termasuk persyaratan dari Negara tujuan ekspor itu sendiri.

Baca Juga: Cegah Inflasi, Dirkrimsus Atensi Distributor Pangan

“Semuanya memenuhi syarat,” tandasnya.

Ia juga memberikan apresiasi kepada seluruh pejabat karantina yang bertugas, yang melakukan stuffing ekspor demi keamanan produk.

“Saya sangat mengapresiasi itu. Kami dalam Karantina Maluku terus memastikan keamanan dari produk hewan supaya tetap aman dan sehat, sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat yang maksimal saat mengolah produk hewan tersebut,” ujarnya.

Untuk diketahui sebanyak 25.986,72 Ton tuna beku akan dikirim ke negara tujuan Vietnam. (S-25)