NAMLEA, Siwalimanews – Lima Komisioner KPU Kabupaten Buru, tidak mengetahui adanya kunjungan Sekjen KPU RI, Bernad Dermawan Sutrisno bersama Rombongan ke Pulau Buru, Jumat (19/1).

Kedatangan Sekjen KPU RI bersama rombongan guna meninjau kesiapan logistik pemilu di Kabupaten Buru.

Ketua KPU Buru, Munir Soamole yang dihubungi melalui telepon selulernya, membenarkan adanya kunjungan sekjen untuk mengecek kesiapan logistik pemilu. Namun tidak ada agenda khusus bertemu dengan Munir dan komisioner KPU Kabupaten Buru, sehingga dirinya bersama empat komisioner lainnya tidak dikhabari soal kedatangan rombongan Sekjen.

“Kebetulan saya dan teman-teman komisioner ada agenda kegiatan di Jakarta sampai tanggal 21 Januari nanti dan kami tidak diberitahu,”ujar Munir.

Munir menyarankan, agar para awak media menanyakan kunjungan sekjen langsung ke Sekertaris KPU  Maluku di Ambon.

Baca Juga: Touwely Dilantik Ganti Almarhum Boby Tianotak

Untuk diketahui, kedatangan Sekjen KPU RI beserta rombongan ke Pulau Buru dengan menggunakan pesawat khusus dan  mendarat di Bandara Namniwel, Desa Sawa, Kecamatan Liyali. Kemudian rombongan melanjutkan perjalanan menuju Kantor KPU Kabupaten Buru di Namlea.

Sekertaris KPU Kabupaten Buru, Dino Malagapy kepada wartawan menjelaskan, rombongan sekjen tiba di kantor KPU usai sholat Jumat dan langsung melakukan pengecekan logistik pemilu yang telah tiba di Namlea.

Sambil melakukan pengecekan, Sutrisno bertanya kepada beberapa petugas KPU tentang logistik yang sudah tiba di Namlea, baik itu surat suara, peti surat suara, tinta dan lain sebagainya.

Ada beberapa hal kecil tidak luput dari pantauan sekjen dan apa saja yang masih kurang.

“Pak sekjen menjanjikan dalam tempo dekat ini semuanya sudah tiba di Namlea, “ujar Dino tanpa merinci lebih lanjut.

Menurut Dino, rombongan sekjen KPU tidak terlalu lama berada di Kantor KPU Kabupaten Buru. Tidak ada pertemuan khusus disana dan setelah melakukan pengecekan logistik rombongan langsung balik ke Ambon.

Sutrisno tadi tiba di Namlea didampingi Plt Deputi administrasi KPU RI, Suryadi;  Karo Umum KPU RI, Kusmanto dan Erwil 3 KPU RI, Mars Ansori.

Mereka ditemani Sekertaris KPU Provinsi Maluku, Ilham , Kabag Keuangan Umum dan Logistik M. Taha Raharawin, Kasubag Umum dan Logistik Earlinda Lisapaly, Kasubag Perencanaan Mirawati Aksan, dan Staf KPU Provinsi Maluku, Ronal Polpoke. (S-15)