AMBON, Siwalimanews – Menyikapi peristiwa mengamuknya warga yang sementara dikarantina di LPMP kawasan Desa Poka Kecamatan Teluk Ambon beberapa waktu lalu dan sempat viral di media sosial, Tim Covid DPRD Maluku akan melakukan on the spot ke tempat-tempat karantina.

Ketua DPRD Provinsi Maluku, Lucky Wattimury mengatakan, DPRD Maluku tidak lagi mengundang mitra untuk rapat bersama melainkan akan turun langsung ke lapangan untuk melihat sejauh mana pelaksanaan tugas penanganan Covid-19 termasuk di lokasi-lokasi karantina.

“Kita tidak undang mitra untuk rapat tetapi langsung turun ke lapangan untuk melihat termasuk lokasi karantina,” tutur Lucky kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (17/6).

Dijelaskan, beberapa tempat karantina yang akan dikunjungi DPRD Maluku diantaranya Balai Diklat BPSDM Wailela, LPMP Poka, Asrama Haji Waiheru serta Balai Diklat Pertanian Waiheru sekaligus untuk mengecek secara langsung kondisi yang terjadi ditempat karantina.

DPRD Maluku juga akan memastikan secara langsung proses pelayanan yang diberikan kepada kepada sejumlah masyarakat yang dikarantina sehingga kedepan tidak akan muncul lagi persoalan-persoalan seperti yang tersebar melalui media sosial yang belum diketahui kebenarannya. “Dewan akan cek secara langsung ke tempat karantina,” katanya.

Baca Juga: Warga Kamariang Blokir Jalan

Lucky juga menjelaskan, selain melakukan pengecekan langsung di tempat karantina, DPRD Maluku juga akan mengunjungi beberapa tempat lain yang menjadi pintu masuk arus manusia ke Kota Ambon.

Tempat yang akan di kunjungi serta dilakukan pengawasan diantaranya, Bandara Pattimura, Pelabuhan Yos Sudarso, Pelabuhan Slamet Riadi dan Pelabuhan Ferry Galala karena beberapa waktu belakangan ini proses arus masuk keluar Kota Ambon menuju Kabupaten Buru kerap terjadi.

Bukan hanya pelabuhan dalam Kota Ambon, DPRD juga akan mengawasi beberapa tempat strategis yang berada di Kabupaten Maluku Tengah seperti pelabuhan Tulehu dan pelabuhan rakyat kecil yang berada di Desa Tulehu.

“Nantinya dengan hasil pengawasan yang dilakukan, DPRD Maluku akan mengkoordinasikan dengan gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Provinsi Maluku untuk mengambil-langkah-langkah yang dipandang baik kedepan,” pungkas Lucky.(Mg-4)