PIRU, Siwalimanews – Guna mencegah Kanker serviks dan kanker payudara, dilakukan tes secara gratis kepada masyarakat di kota piru dan sekitarnya.

Selain itu juga ada kegitan zoom meting kegiatan tes iva dan sadanis gratis yang diselenggarakan Kementrian Kesehatan yang dibuka oleh kepala Dharma Wanita Kemen­trian Agama RI Farikhah Nizar Ali.

Ketua Darma Wanita Persatuan Kemenag SBB, Nurhayati Kasim menjelaskan tes iva dan sadanis ini diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia termasuk di SBB.

“Kegiatan ini memiliki manfaat dan kontribusi yang besar dimana peran Dharma Wanita Kemenang SBB dalam membimbing dan mem­beri bekal pengetahuan kepada masyarakat, agar eksistensi dapat dirasakan manfaat oleh masyarakat di bumi Saka Mese Nusa,” ujarnya.

Lebih jauh dikatakan dengan adanya program ini dapat membantu masyarakat terutama bagi ibu-ibu untuk mendeteksi dini kanker serviks dan kanker payudara.

Baca Juga: Kowad & Kowal Ikut Ambil Bagian Dalam Baksos Polwan 

Untuk perlu ada dukangan dari ma­syarakat. Tidak hanya itu seka­ligus mengsosialisasikan ke masyarakat dan melakukan tes iva dan sadanis melalui puskesmas terdekat.

“Kita telah bekerja sama dengan Dinas Kesehatan juga puskemas,” terangnya.

Ditambahkan banyak warga yang berpartisipasi dalam kegiatan yang dilakukan Dharma Wanita.

“Jumlah paritisipasi masyarakat khususnya untuk anggota saat ini puluhan orang. Kita juga juga membuka pedaftaran bagi masyarakat karena kesehatan sangatlah penting,” ungkapnya. (S-18)