BOGOR, Siwalimanews – Meraih penghargaan sebagai kota Kota Deklarasi Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) bersama dengan 12 kota lainnya. Pemerintah Kota Ambon berjanji menjaga kelestarian cagar budaya.

Penghargaan ini diterima oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Ambon Rico Hayat dari Koordinator Presidium JKPI H Alfredi, saat pembukaan Kongres-V JKPI di Puri Begawan Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat, Jumat (3/12).

Kadis Pariwisata Rico Hata kepada Siwalima usai menerima penghargaan mengatakan, apa yang diraih adalah sebuah anugerah.

“Hari ini kami terima penghargaan sebagai kota deklarasi JKPI merupakan satu kebanggaan bagi saya sebagai kepala dinas, karena memang ini yang sangat diharapkan,” ungkap Hayat.

Penghargaan ini katanya, merupakan langkah awal. Kedepan Pemkot Ambon akan serius lagi dalam mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan pelestarian cagar budaya.

Baca Juga: Intensitas Hujan di Maluku Tinggi

“Paling penting penghargaan ini memang sudah melekat kepada kami. Tetapi tanggung jawab terbesar adalah menjaganya,” ucap Hayat.

Melalui penghargaan juga menjadi tolak ukur. Menurutnya pelestarian cagar budaya tetap dilaksanakan guna menjadi aset yang tentunya dapat menguntungkan dari segala sisi.

Untuk diketahui, 12 kota penerima penghargaan JKPI yakni, Kota Solo, Bogor, Yogyakarta, Banda Aceh, Sawahlunto, Pangkalpinang, Jakarta Utara, Bau-Bau, Ternate dan Salatiga serta Kota Ambon.

Tuai Pujian

Penampilan group Amboina Voice, menuai pujian dari kepala-kepala daerah yang hadir dalam jamuan makan malam oleh Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto, selaku tuan rumah Kongres-V Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI).

Dalam penampilannya, Amboina Voice membawakan tiga lagu secara berturut-turut karena Kota Ambon dapat membuktikan predikat yang diberikan oleh UNESCO sebagai kota musik dunia, dengan perform terbaik Amboina Voice didepan para tamu dan undangan.

“Luar biasa dan apresiasi bagi para penyanyi asal Kota  Ambon yang memberi penampilan yang spesial ini. Itu semua bisa terjadi juga karena ada support penuh dari walikotanya,” puji Bima Arya.

Terkait tuaian apresiasi yang begitu banyak itu, Walikota Ambon Richard Louhenapessy mengungkapkan, apresiasi tersebut merupakan bonus dan tak berlu berbangga hati, namun tetap harus berupaya untuk mempertahankan yang telah dimiliki kota ini.

“Kan saya bilang ini hanya bonus. Kita harus seperti apa untuk mempertahankan, ini Ambon City of Music terus,” tandas walikota di halaman Gedung Seni Bogor Creative Center (BCC), Kamis (2/12). (S-52)