NAMLEA, Siwalimanews – Ketua Bawaslu Buru Fatih Haris Thalib bersama seluruh komisioner serta panwascam bersilahturahmi dengan Kapolres Buru AKBP Nur Rahman, Kamis (27/4).

Kedatangan para pengawas Pemilu ini diterima langsung oleh kapolres didampingis ejumlah pejabat utama, di ruang kerjanya.

Dihadapan Ketua dan komisioner Bawaslu, kapolres menegaskan, kalau jajarannya akan terus melakukan monitoring setiap kegiatan tahapan pemilu di Buru. Bahkan tim Gakumdu juga akan selalu berkoordinasi dengan Bawaslu dalam penangan pemilu  nanti.

Untuk itu, kapolres minta agar  Bawaslu dan Polres Pulau Buru  selalu sinergi, sehingga kedepan, pertemuan untuk berkoordinasi akan terus berlanjut antara kedua institusi ini.

“Program kegiatan yangg dilakukan Bawaslu, kami pihak kepolisian akan selalu mendukung demi terciptanya pemilu yang aman di Kabupaten Buru,” ucap kapolres.

Baca Juga: Stok Bulog Kosong, Picu Kenaikan Harga Beras di Ambon

Menurut kapolres, Polri dan Bawaslu harus satu persepsi dalam setiap permasalahan sesuai dengan ranah kewenangan masing-masing. Dimana Polisi siap melakukan pengamanan kantor dan setiap komisioner Bawaslu.

Kapolres juga, sempat menyentil potensi gangguan antar masyarakat di Desa Waehotong karena beda pandangan soal wilayah domisili.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Fatih Haris Thalib mengaku, Bawaslu terus melakukan pencegahan dan pengawasan terhadap penyusunan daftar pemilih serta pencalonan anggota DPRD Kabupaten Buru.

“Suhu Politik di kabupaten ini secara umum lebih kondusif, berbeda dengan kabupaten-kabupaten lain di Provinsi Maluku,” ujar Fatih.

Sementara menyangkut soal Desa Waehotong Fatih mengaku, pihaknya pernah melakukan investigasi di desa tersebut tepatnya di kampung lama terkait tapal batas antara Kabupaten Buru dan Buru Selatan dan hal ini telah disampaikan ke KPU Buru dan juga Pemkab Buru.

Menyoal soal pengamanan Kantor Bawaslu menjelang pemilu 2024 nanti, pihaknya akan segere berkoordinasi dengan polres.

Selain pengamanan kantor, Bawaslu juga dalam waktu dekat akan berkoordinasi dengan polres  untuk melakukan sosialisasi terhadap panwascam dan perwakilan dari polsek jajaran Polres Buru.

“Kami akan melakukan rapat dengan parpol di Buru terkait dengan pemasangan spanduk maupun hal-hal lainya,” ujar Fatih.

Masih dalam pertemuan itu, Kabag Ops Polres Buru Kompol Upsril Futwembun menekankan, pentingnya pengamanan Kantor Bawaslu dan pengamanan diri seluruh komisioner guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pada pemilu nanti.

Panwascam juga ikut diingatkan  agar selalu koordinasi dengan polsek setempat terkait  pengamanan. Selain itu, petugas PPL juga agar pada saat pergeseran logistik surat suara agar bersama-sama dengan peresonel Polri,” pinta Kabag Ops.

Sedangkan Kasat Reskrim Iptu Aditya Bambang menambahkan, kalau awal tahun 2023, tim Gakumdu  telah melakukan pertemuan dengan panwascam di jajaran Kabupaten Buru.(S-15)