BULA, Siwalimanews – Sultana Bin Hatim terpilih sebagai juara I dalam kontes Pemilihan Putri Pariwisata SBT yang digelar Dinas Pariwisata kabupaten tersebut, yang berlangsung di aula Kantor Kemenag di Kota Bula, Senin (12/6).

Dengan terpilihnya putri dari pasangan Ekan Bin Hatim dan Amina Bachmid ini, maka wanita kelahiran Bula, pada 29 November 1998 lalu, yang saat ini terdaftar sebagai mahasiswa pada Universitas Merdeka Malang, akan mewakili Kabupaten SBT diajang yang sama ditingkat Provinsi Maluku.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Seram Bagian Timur Yulia Misa kepada Siwalimanews usai pengumuman pemenang mengaku, event ini sendiri digelar selain untuk mengembangkan kreativitas generasi muda dalam mempromosikan pariwisata SBT secara khusus dan Maluku pada umumnya.

Untuk itu, event yang diselenggarakan, duta pariwisata SBT harus bisa bersaing, sekaligus mempromosikan potensi pariwisata yang ada  kabupaten ini, baik di tingkat daerah, nasional bahkan internasional.

“Kenapa demikian, karena dalam event ini, setiap peserta diuji  kemampuannya baik dari segi wawasan, segi pengetahuan, segi kepercayaan diri , maupun kemampuan berkomunikasi. Sehingga yang terpilih sebagai Putri Pariwisata SBT hari ini benar-benar dapat bersaing di tingkat provinsi,” ungkap Yulia.

Baca Juga: Konsumen Perumahan MBR Lapor Pattikaihatu ke DPRD Kota

Yang paling utama kata Yulia, yakni kepercayaan diri, karna memang sebagai duta daerah, harus bisa mewakili seluruh masyarakat di bumi Ita Wotu Nusa ini untuk mempromosikan pariwisata yang ada di kabupaten ini.

Pemelihan Putri Pariwisata yang diselenggarakan Pemprv Maluku saat ini sudah memasuki tahun ke- 15 dan Kabupaten Seram Bagian Timur sendiri baru dua kali mengikutinya, yakni di tahun kemarin dan tahun ini.

“Kami berharap, kegiatan seperti ini bisa melahirkan generasi muda menjadi duta-duta pariwisata yang dapat berkontrbusi, sebab generasi muda yang bisa mengajak seluruh elemen masyarakat bersama- sama untuk mengkampanyekan daerah-daerah parawisata yang menjadi aicon di SBT,” tandasnya.

Lomba yang digelar Dinas Pariwisata SBT kali ini kata Yulia, diikuti oleh kurang lebih 13 peserta, namun dalam pentahapannya, mulai dari administrasi dan lainnya terpilih enam finalis dan akahirnya Sultana Bin Hatim yang terpilih sebagai pememang.

“Siaiapun pemanangnya diharapkan dapat membawa nama Kabupaten Seram Bagian Timur lebih dikenal bukan hanya dikancah nasional, namun diharapkan sampai ke tingkat internasional,” harapnya.(Mg-1)